Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Lebaran Kebutuhan Uang di Sumut Rp3,7 Triliun

Bisnis.com, MEDAN - Kebutuhan uang kartal menjelang Lebaran di wilayah Sumatra Utara dan Aceh diperkirakan mencapai Rp3,7 triliun. Kebutuhan tersebut meningkat 8,1% dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya Rp3,4 triliun.Deputi Direktur Divisi Ekonomi

Bisnis.com, MEDAN - Kebutuhan uang kartal menjelang Lebaran di wilayah Sumatra Utara dan Aceh diperkirakan mencapai Rp3,7 triliun. Kebutuhan tersebut meningkat 8,1% dibandingkan dengan Lebaran tahun sebelumnya Rp3,4 triliun.

Deputi Direktur Divisi Ekonomi Moneter Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah IX Sumatra dan Aceh Mikael Budisatrio mengatakan untuk menghadapi Lebaran tahun ini BI sudah menyuplai kebutuhan uang kartal yang diperlukan kepada perbankan di wilayah Sumut dan Aceh. Perbankan sudah mengajukan permintaan uang kartal dengan nominal tertentu sejak sebulan sebelumnya.

"Permintaan uang kartal naik sesuai dengan permintaan perbankan. Untuk lebaran 2013 di Sumatra dan Aceh terjadi peningkatan sekitar 8,1% dari Rp3,4 triliun menjadi Rp3,7 triliun," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (12/7/2013).

Khusus Sumatra Utara, kebutuhan uang kartal pada Lebaran 2013 mencapai Rp2,6 triliun atau meningkat 0,3% dibandingkan tahun sebelumnya Rp2,4 triliun. Untuk Aceh kebutuhannya mencapai Rp1,1 triliun, melonjak 10% dibandingkan tahun lalu Rp1 triliun.

BI mencatat terjadi lonjakan tajam untuk kebutuhan uang kartal di Medan sebesar 16,6% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada lebaran 2013, kebutuhan uang kartal di Medan mencapai Rp1,4 triliun dari sebelumnya Rp1,2 triliun.

Kebutuhan tersebut, sambungnya, termasuk untuk kebutuhan ATM pada hari libur panjang lebaran, kebutuhan nasabah bank dan kebutuhan penukaran uang pecahan kecil (UPK). Khusus Medan, kebutuhan UPK pada lebaran kali ini mencapai Rp719 miliar atau melonjak 57% dari tahun lalu Rp457 miliar.

Penukaran uang dapat dilakukan mulai 22 Juli - 2 Agustus 2013 di beberapa lokasi yang telah ditentukan. Sebanyak 42 loket penukaran di masing-masing bank dan penyebaran di 8 wilayah telah disiapkan untuk penukaran uang di Medan.

BI menyiapkan pelayanan kas perbankan di 10 pasar tradisional antara lain di Pasar Sei Kambing, Petisah, Pusat Pasar, Pajak Ikan, Sukaramai, Sambas, Medan Baru, Tanjung Morawa, Simpang Limun, dan Belawan.

Selain itu, pelayanan juga disiapkan di 10 instansi dan lembaga pemerintah yang telah ditunjuk BI. Diantaranya di Telkom Kejaksaan, PLN/Samsat, Brimob, Pertamina/Indosat, USU/UMA, UISU/UMSU, Polda Sumut, PJKA/Polonia, PTPN II, dan Kantor Walikota Medan serta kantor Gubernur Sumut.

"Nanti pada hari libur ada beberapa bank buka untuk melayani setoran SPBU, yakni Bank Mandiri dan BNI, sedangkan untuk setoran Jasa Marga Bank Sumut tetap buka," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper