Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kroasia Resmi Menjadi Anggota Uni Eropa

BISNIS.COM, JAKARTA -- Kroasia menjadi negara anggota Uni Eropa (UE) pada Kamis (1/7/2013), sehingga UE kinimemiliki 28 negara anggota dan jumlah penduduk UE menjadi sebanyak 507 juta jiwa.

BISNIS.COM, JAKARTA -- Kroasia menjadi negara anggota Uni Eropa (UE) pada Kamis (1/7/2013), sehingga UE kini
memiliki 28 negara anggota dan jumlah penduduk UE menjadi sebanyak 507 juta jiwa.

Kroasia mengajukan permohonan untuk menjadi negara anggota UE pada 2003, dan memulai perundingan resmi untuk aksesi pada 2005. Pada Desember 2011 para pemimpin dari UE dan Kroasia menandatangani perjanjian tentang aksesi.

Kroasia merupakan negara kedua dari pecahan Yugoslavia yang bergabung dalam UE, setelah aksesi Slovenia pada 2004.

Untuk menandai peristiwa tersebut, berbagai perayaan digelar di Kroasia ataupun di seluruh Eropa. Bergabungnya Kroasia menjadi negara anggota UE dirayakan pula di Jakarta, dengan pertukaran bendera antara Duta Besar Kroasia untuk Indonesia dan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia.

Bendera Kroasia akan dikibarkan di Delegasi UE berdampingan dengan bendera 27 negara anggota UE lainnya. Sementara bendera UE akan dikibarkan di Kedutaan Besar Kroasia bersama bendera Kroasia.

"Pada 1 Juli 2013 membawa babak baru dalam sejarah Kroasia. Ini merupakan momen bersejarah bagi negara dan masyarakat Kroasia, karena kami menyaksikan terwujudnya aspirasi jangka panjang kami untuk menjadi anggota UE. Keanggotaan Kroasia tersebut merupakan keberhasilan kebijakan perluasan UE,” ujar Zeljko Cimbur, Duta Besar Kroasia untuk Indonesia dalam keterangan pers, Kamis (1/7).

Julian Wilson, Duta Besar UE untuk Indonesia mengatakan bergabungnya Kroasia akan memperkuat Eropa dalam menghadapi tantangan global. Perluasan UE membawa manfaat bagi negara-negara anggota bukan hanya karena menjadikan UE pemain yang lebih besar di kancah dunia, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap perdamaian, keamanan dan kemakmuran jangka panjang di seluruh benua Eropa.

"Ini merupakan proses yang sama-sama menguntungkan baik bagi Kroasia maupun bagi negara-negara anggota lainnya.”

Kroasia tidak hanya turut menikmati manfaat dari keanggotaan UE, tetapi juga turut memikul tanggung jawab yang menyertai keanggotaannya.

Pada April 2013 warga Kroasia berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam pemilihan Parlemen Eropa untuk menentukan 12 anggota yang akan mewakili negara tersebut. Kroasia juga telah menunjuk Komisioner UE, dan akan mengambil peran yang setara dalam pengambilan keputusan dengan 27 negara anggota UE lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper