Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAUFIQ KIEMAS WAFAT: Ganjar Merasa Kehilangan Pengritik Kerasnya

BISNIS.COM, SEMARANG -- Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan mengaku sering mendapat kritikan keras dari almarhum Taufiq Kiemas selama menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. "Saya sering dikritik

BISNIS.COM, SEMARANG -- Calon Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan mengaku sering mendapat kritikan keras dari almarhum Taufiq Kiemas selama menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

"Saya sering dikritik dan diingatkan, bahkan dimarahi oleh Mas Taufiq, terutama saat saya beroposisi sangat keras dan dikatakan kamu oposisi terlalu keras, kamu itu politikus 'gak' tahu, kamu ini politikus ingusan," kata Ganjar di Semarang, Sabtu malam.

Hal tersebut disampaikan oleh Ganjar usai menggelar doa bersama untuk almarhum Taufiq Kiemas di kantor DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Ganjar menilai kritikan-kritikan yang diberikan Taufiq Kiemas tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap dirinya meski dengan cara lain.

"Rupa-rupanya beliau keras dan sering memaki saya itu karena kayaknya sedang melecut saya agar menjadi politikus yang tangguh," ujarnya.

Menurut Ganjar, Taufik Kiemas adalah tokoh yang keras, sering "mencambuk" anak-anak muda, dan sering memberikan wejangan dalam hal regenerasi kepartaian.

Ganjar mengaku bahwa dirinya terakhir kali bertemu dengan Taufiq Kiemas saat berkunjung usai memenangi Pilkada Jateng 2013 dan mendapat sambutan yang luar biasa.

"Saat saya 'sowan', saya sempat menanyakan kesehatan Mas Taufiq dan dijawab 'Sehatlah kan kamu datang dan menang'," katanya.

Seperti diwartakan, tokoh PDI Perjuangan yang juga Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat RI Taufiq Kiemas pada hari Sabtu pukul 19.05 waktu Singapura meninggal dunia akibat serangan jantung.

Taufiq Kiemas meninggal Sabtu (8/6/2013) sekitar pukul 18.00 waktu setempat di General Hospital Singapura. Politisi PDI Perjuangan itu meninggal dalam usia 70 tahun. Ketua MPR dan suami Megawati Soekarnoputri itu lahir di Jakarta, 31 Desember 1942. Politisi, yang bergelar Datuk Basa Batuah itu terlahir dari pasangan Tjik Agus Kiemas dan Hamzathoen Roesyda.

 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, jenazah suami mantan Presiden Megawati Soekarnoputri akan dibawa ke Jakarta pada hari Minggu (9/6) pukul 09.30 WIB.

 

Ganjar Pranowo mengatakan bahwa dirinya akan berangkat melayat ke Jakarta dari Semarang pada hari Minggu (9/6) pagi dengan menggunakan penerbangan pertama bersama sejumlah anggota DPD PDI Perjuangan Jateng. (Antara/dot)

 

BACA JUGA:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper