Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ORANG TERKAYA: 1 Pekan US$26,60 Miliar Ludes, Gates Paling Tajir

BISNIS.COM, JAKARTKekayaan 200 orang terkaya di planet ini susut US$26,60 miliar dari total kekayaan bersih  mereka pada pekan ini. Namun, melambungkan posisi co-founder Microsoft Corp (MSFT) Bill Gate, sekaligus mengungguli  total kekayaan

BISNIS.COM, JAKARTKekayaan 200 orang terkaya di planet ini susut US$26,60 miliar dari total kekayaan bersih  mereka pada pekan ini. Namun, melambungkan posisi co-founder Microsoft Corp (MSFT) Bill Gate, sekaligus mengungguli  total kekayaan orang terkaya dunia asal Meksiko, Carlos Slim menjadi US$4,3 miliar, tulis Bloomberg Billionaires Index.

Hampir semua investasi Gates, termasuk 4,8% sahamnya di Redmond, Washington –yang juga berbasis Microsoft, melonjak tahun ini. Sementara holding utama Slim –yang 44% saham dikuasainya—America Movil SAB –operator telepon terbesar di AS, jatuh 14%.

Carlos Slim, 13 Februari 2013, bertemu dengan Bill Gates dalam peluncuran Pusat Peningkatan Jagung dan Gandum Internasional (International Center for Improvement of Maize and Wheat) di Texcoco, Meksiko.

America Movil telah berjuang melawan upaya Parlemen Meksiko yang hendak mengeluarkan aturan baru guna menekan dominasi perusahaan itu yang menguasai 70% pasar di negara itu. “Untuk sementara, terjebak di sana,” kata  Christopher King, seorang analis di Stifel Nicolaus & Co di Baltimore. “Sampai pada tahap tertentu, peraturan lingkungan di Meksiko menetapkan itu produk sampingan dan faktanya perusahaan berjalan dengan baik.  Market share perlu dikaji kembali…”

Sementara itu, kenaikan Gates muncul setelah ketua Microsoft menyumbangkan 3 juta lembar sahamnya –sekitar US$100 juta—untuk amal yang belum diketahui, yang diajukan 30 Mei kepada Securities and Exchange Commission AS.

Gates telah menyumbangkan US$28 miliar kekayaannya, yang sebagian besar diberikan kepada Bill & Melinda Gates Foundation. Kekayaan bersih Gates US$72,10 Miliar.

Orang terkaya Kanada, David Thomson, 55, kekayaannya turun US$864 juta selama seminggu, saat saham Thomson Reuters Corp, perusahaan media terbesar di negara itu, turun 5,1%. Thomson adalah peringkat 23 orang terkaya  versi Bloomberg dengan nilai US$24,60 miliar. Thomson Reuters merupakan pesaing Bloomberg News.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper