Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TARIF BUSWAY Rute Jakarta-Bekasi Naik Jadi Rp8.000

BISNIS.COM, BEKASI--Dinas Perhubungan Kota Bekasi mengungkapkan tarif busway rute Jakarta-Bekasi dan sebaliknya telah mengalami perubahan.
Yoseph Pencawan
Yoseph Pencawan - Bisnis.com 20 Mei 2013  |  09:45 WIB

BISNIS.COM, BEKASI--Dinas Perhubungan Kota Bekasi mengungkapkan tarif busway rute Jakarta-Bekasi dan sebaliknya telah mengalami perubahan.

Penyelenggara Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway Jakarta-Bekasi merevisi penetapan tarif yang semula Rp6.000 menjadi Rp8.000 per penumpang.

"Tarif Rp8.000 ini berlaku untuk APTB Bekasi-Hotel Indonesia (via Tol Timur), Bekasi-Hotel Indonesia (via Tol Barat), Bekasi-Tanah Abang (via Tol Timur, dan Bekasi Tanah Abang (via Tol Barat)," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Bekasi Erwin di Bekasi, Senin (20/5/2013).

Menurut dia pemberlakuan tarif tersebut didasari atas pertimbangan menjaga kondusivitas persaingan dengan awak angkutan lain yang satu rute.

"Bus reguler saja Rp6.500 per penumpang, kalau APTB dipasang tarif Rp6.000 takut ada gesekan. Lagipula tarif yang terlalu murah akan membuat subsidi pemerintah membengkak," ujarnya.

Pihaknya juga membatalkan rencana penerapan tarif berikut biaya parkir di Mega Bekasi Hypermal sebagai pool APTB Bekasi-HI (via Tol Barat).

"Tetap biaya parkir akan dibebankan kepada pemilik kendaraan pribadi, namun diberikan dispensasi potongan harga maksimal Rp5.000 per unit untuk mobil dan motor. Ini demi perawatan sarana prasarana parkiran," katanya.

Rencananya, empat trayek baru itu mulai beroperasi 21 Mei 2013 dengan dilepas secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta Jowo Widodo di Jakarta dan disambut Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Terminal Induk Kota Bekasi, Jalan Cut Meutia, Bekasi Timur.

Ia mengatakan, untuk rute Bekasi-HI, operatornya adalah Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Sementara untuk rute Bekasi-Tanah Abang operatornya adalah Mayasari Bakti. "Masing-masing rute akan memiliki 10 armada bus," katanya.

Erwin optimistis, rute baru APTB ini akan diminati warga Bekasi maupun Jakarta.

"Kelihatannya akan ramai karena bus tersebut langsung menuju pusat Jakarta dan Bekasi," katanya.(yop)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

busway Jakarta bekasi tarif tarif busway

Sumber : Antara

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top