Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ORANG TERKAYA: Bill Gates Unggul Rp5,9 Triliun dari Carlos Slim

BISNIS.COM, JAKARTA—Pendiri  Microsoft Corp, Bill Gates kembali, menyandang status sebagai pria terkaya di dunia setelah pria berusia 57 tahun itu berhasil menyingkirkan investor asal Meksiko Carlos Slim, menurut Billionaire Index yang dikeluarkan

BISNIS.COM, JAKARTA—Pendiri  Microsoft Corp, Bill Gates kembali, menyandang status sebagai pria terkaya di dunia setelah pria berusia 57 tahun itu berhasil menyingkirkan investor asal Meksiko Carlos Slim, menurut Billionaire Index yang dikeluarkan Bloomberg. Gates lebih kaya US$600 juta (sekitar Rp5,9 triliun) dari Slim.

Status pria terkaya itu tidak terlepas dari kinerja perusahaan yang terus membaik selama 5 tahun terakhir. Posisi tersebut diraihnya untuk pertama kalin sejak 2007. Kekayaan Gates tercatat sebanyak US$72,7 miliar atau naik 16% sejak 2007.

Sementara itu, kekayaan Slim, pemilik America Movil SAB yang merupakan perusahaan operator telepon bergerak terbesar di negara-negara Amerika, turun  14% tahun ini. Penurunan itu disebabkan oleh Keputusan Kongres Meksiko menyetujui sebuah rancangan undang-undang yang dapat memangkas dominasi pasar perusahaannya. RUU itu membuat kekayaan bersih pengusaha berusia 73 tahun itu merosot lebih dari US$3 miliar.

“Ketika mereka berbicara soal reformasi di negara yang pada umumnya miskin, dan pria itu tampil nomor 1 dalam daftar—itu bukan hal yang baik,” ujar Greg Lesko, direktur pelaksana Deltec Asset Management LLC yang berkantor di New York sebagaimana dikutip Bloomberg, Jumat (17/5/2013). 

Lesko, yang mengelola aset senilai US$750 juta tersebut menambahkan bahwa kondisi di Meksiko tidak menguntungkan bagi perusahaan andalan Slim.

“Dia relatif memonopoli pasar di Mexico dan pengguna telepon seluler Meksiko selama ini membayar lebih dari yang seharusnya,” ujarnya. RUU itu akan memungkinkan regulator membatasi perusahaan telepon seluler yang menguasai pasar lebih dari 50% pasar atau memaksa perushaan tersebut untuk berbagi jaringan.

Inilah daftar 10 orang terkaya versi Bloomberg

No

Nama

Kekayaan

1

Bill Gates

US$72,7 miliar

2

CarlosSlim

US$72,1 miliar

3

Warren Buffet

US$59,7 miliar

4

Amancio Ortega

US$56,0 miliar

5

Ingvar Kamprad

US$55,6 miliar 

6

Charles Koch

US$45,2 miliar

7

David Koch

US$45,2 miliar

8

Larry Ekkison

US$41,6 miliar

9

Christy Walton

US$37,9 miliar

10

Jim Walton

US$36,1 miliar

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper