Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUTAN BAKAU: Penanaman 10.000 Pohon di Pantai Belawan Didukung PGN

BISNIS.COM, MEDAN--Pencanganan hutan bakau dilakukan dengan menanam sekitar 10.000 pohon bakau di sepanjang Pantai Belawan, Kelurahan Secanang, Sumatra utara, mulai pekan ini didukung Perusahaan Gas Negara.Dalam rilis disiarkan Pemprov sumut disebutkan,
Erna Sari Ulina Girsang
Erna Sari Ulina Girsang - Bisnis.com 14 Mei 2013  |  14:01 WIB

BISNIS.COM, MEDAN--Pencanganan hutan bakau dilakukan dengan menanam sekitar 10.000 pohon bakau di sepanjang Pantai Belawan, Kelurahan Secanang, Sumatra utara, mulai pekan ini didukung Perusahaan Gas Negara.

Dalam rilis disiarkan Pemprov sumut disebutkan, dalam penanaman bibit pohon mangrove kali ini, pemprov menggandeng lembaga lain, yaitu Perusahaan Gas Negara (PGN), sekaligus perayaan HUT ke-48 perusanana plat merah itu.

Direktur Keuangan PGN Riza Pahlevi Tabrani menambahkan secara fisik manfaat penanaman bibit mangrove adalah untuk mencegah abrasi dan intrusi air laut ke darat dan menambah substrat untuk pertumbuhannya, sehingga tanah menjadi stabil.

Secara biologis, paparnya, hutan bakau merupakan tempat berlindung, mencari makan, serta berkembangbiak bagi biota laut.
Secara ekonomis, mangrove dapat dijadikan bahan pulp, arang, di samping dapat menjadi tanaman tumpang sari dengan empang parit ikan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatra Utara Nurdin Lubis menanam 1.000 batang pohon bakau di Pulau Sembilan, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, dalam rangka HUT ke-64 provinsi ini.

Dia mengatakan penanaman pohon bakau mempunyai arti yang sangat penting, bagi kelangsungan pengembang biakan biota laut.

Seperti ikan, udang, kepiting, dan kerang, serta menyerap udara kotor, dengan tumbuhnya pohon mangrove di sekitar pantai pulau sembilan.

“Pemprov Sumut memiliki kepentingan besar, untuk terus melestarikan hutan mangrove yang ada di berbagai pantai di Sumatra Utara ini, demi peningkatan taraf hidup nelayan, melalui penanaman pohon bakau,” paparnya.(yop)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hutan pgn sumut sumatera utara hutan bakau bakau pohon bakau pantai belawan perusahaan gas negara
Editor : Yoseph Pencawan - nonaktif
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top