Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUTAN BAKAU: 10.000 Pohon Ditanam Sumut di Pantai Belawan

BISNIS.COM, MEDAN--Provinsi Sumatra Utara mencanangkan program pelestarian hutan mangrove atau bakau pada pekan ini guna menjaga keseimbangan lingkungan di pantai,Pencanganan hutan bakau dilakukan dengan menanam sekitar 10.000 pohon bakau di sepanjang
Erna Sari Ulina Girsang
Erna Sari Ulina Girsang - Bisnis.com 14 Mei 2013  |  13:52 WIB

BISNIS.COM, MEDAN--Provinsi Sumatra Utara mencanangkan program pelestarian hutan mangrove atau bakau pada pekan ini guna menjaga keseimbangan lingkungan di pantai,

Pencanganan hutan bakau dilakukan dengan menanam sekitar 10.000 pohon bakau di sepanjang Pantai Belawan, Kelurahan Secanang, Sumatra utara, mulai pekan ini.

Kegiatan ini diharapkan menjadi awal penanaman dan pelarangan penemabangan hutan bakau di provinsi ini.

“Hutan mangrove tak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat karena memiliki beragam fungsi, mulai dari wahana bersosialisasi hingga rekreasi,” jelas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho, dalam siaran pers tentang Pencanangan Pelestarian Hutan Mangrove, Selasa (14/5/2013).

Pelestarian hutan bakau, tambahnya, sangat penting sebagai langkah meminimalkan dampak perubahan iklim. Dia mengakui beberapa tahun terakhir, tingkat kerusakan hutan bakau di kawasan pesisir pantai sangat tinggi.

Menurut Gubernur, target Indonesia secara sukarela menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK) sebesar 26% pada 2020 dari kondisi saat ini, merupakan komitmen yang harus ditindaklanjuti oleh semua instansi, termasuk pemerintah provinsi.

“Untuk itu kami harus segera melakukan upaya mengubah paradigma bahwa perubahan iklim yang diakibatkan oleh degradasi lingkungan bukan merupakan krisis semata akan tetapi dapat menjadi peluang untuk melakukan kegiatan pemulihan dan perbaikan lingkungan,” jelasnya.

Dia mengatakan hutan bakau juga dapat memberikan manfaat secara ekonomi kepada masyarakat. Selain memberikan keseimbangan lingkungan, hutan mangrove dapat juga menjadi lokasi rekreasi, serta serbagai tempat belajar dan penelitian.(yop)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pantai hutan sumut sumatera utara hutan bakau bakau pohon bakau pantai belawan belawan
Editor : Yoseph Pencawan - nonaktif
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top