Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUAP DAGING IMPOR: 20 Perempuan 'Diguyur' Uang oleh Fathanah

BISNIS.COM, JAKARTA—Tersangka kaus suap impor daging Ahmad Fathanah mengalirkan uang ke-20 wanita.

BISNIS.COM, JAKARTA—Tersangka kaus suap impor daging Ahmad Fathanah mengalirkan uang ke-20 wanita.

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M Yusuf, Selasa (15/5/2013) mengungkap ada aliran dana dari tersangka ke 20 perempuan yang nilainya masing-masing bervariasi dan ada yang menerima Rp1 miliar.

Yusf taidak menjelaskan siapa saja wanita itu. Nilai aliran dana tersebut bervariasi, mulai dari Rp 40 juta hingga Rp 1 miliar. Komisi Pemberantasan Korupsi kini sedang mengembangkan dugaan itu terkait tindak pidana pencucian uang yang dilakukan Fathanah.

Istri Ahmad Fathanah, Septi Sanustika, merasa sangat sedih ketika KPK menyita rumah yang dibeli suaminya di Perumahan Pesona Khayangan Blok BS Nomor 5, Kota Depok, Jawa Barat. "Ya sedihlah kalau sampai disita KPK," ujarnya di Depok Jumat, yang dikutip Antara.

Dikatakannya, jika rumah tersebut memang merupakan rezekinya maka akan menjadi miliknya. "Tapi kalau bukan rezeki tentunya tidak jadi milik saya," ujarnya.

Fathanah menjadi tersangka bersama mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Dalam pemeriksaan KPK, terungkap keterkaitan Fathanah dengan sejumlah perempuan.

Saat ditangkap di Hotel Le Meridien pada Selasa (29/1/2013), Fathanah bersama perempuan muda yang belakangan diketahui bernama Maharany Suciyono, mahasiswi di Jakarta. Maharany mengaku diberi uang Rp 10 juta oleh Fathanah.

Namun, karena tak terkait kasus korupsi yang disidik, Rabu (30/1/2013) dini hari, Maharany diperbolehkan pulang. Fathanah tetap diperiksa penyidik.

Belum lama ini, Fathanah diduga memberikan mobil Honda Jazz kepada model Vitalia Shesya. Vitalia sudah diperiksa oleh KPK dua kali.

Vitalia juga menerima jam tangan buatan Swiss merek Chopard seharga Rp 70 juta dan uang Rp 250 juta dari Fathanah. Vitalia juga diberikan perhiasan senilai Rp 100 juta, tetapi telah dijual dan uangnya habis untuk biaya hidup.

Selain itu, Fathanah diketahui membelikan Honda Freed untuk seorang wanita bernama Tri Kurnia Rahayu. Mobil bernomor polisi B 881 LAA tersebut dikembalikan Tri ke KPK, Selasa (7/5/2013).

Selain mengembalikan mobil Honda Freed, Tri juga menyerahkan gelang bermerek Hermes dan jam tangan Rolex yang didapatnya dari Fathanah kepada KPK. Harga gelang Hermes Rp 50 juta hingga Rp 70 juta, sedangkan jam tangan Rolex harganya di atas Rp 10 juta.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper