Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENJUALAN MOBIL: Harga BBM Naik, Pasar Sepi

BISNIS.COM,MALANG—Penjualan mobil diyakini bakal tergerus jika harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

BISNIS.COM,MALANG—Penjualan mobil diyakini bakal tergerus jika harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

Kepala Cabang Auto2000 Malang Sukun Gede Arimbawa mengatakan mengacu pada saat harga BBM dinaikkan pada 2006, penjualan mobil pasti tergerus jika harga BBM jadi dinaikkan tahun ini. Pada 2006, penurunan penjualan mobil Toyota hinga mencapai sekitar 20%.

“Tapi jika ternyata kenaikan BBM tidak terlalu berpengaruh pada kinerja perekonomian secara nasional, regional, dan lokal, maka dampaknya terhadap penjualan mobil tidak terlalu besar. Naik atau turunnya penjualan sangat terkait dengan daya beli masyarakat,” katanya, di sela-sela launching Etios Valco, Selasa (16/4).

Yang juga perlu dicermati, berapa besaran kenaikan BBM. Semakin besar kenaikan BBM, semakin besar pula dampaknya pada penjualan mobil, termasuk mobil Toyota di Malang. Begitu pula sebaliknya.  

Karena itu, terdampak atau tidaknya penjualan mobil terkait dengan kenaikan harga BBM baru diketahui 1-2 bulan pasca penetapan kebijakan pemerintah tersebut.

Jika tanpa kebijakan kenaikan BBM, target penjualan Auto2000 Malang naik 43% bila dibandingkan realisasi penjualan 2012. Target itu dipatok tinggi karena pada tahun ini Toyota merilis mobil-mobil baru, a.l Etios Volca dan Toyota Agya.

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto dalam rilisnya mengatakan strategi perusahaan tersebut dalam memperkuat dominasi di seluruh segmen industri otomatif nasional terus dilakukan. Toyoto terus melapis setiap ceruk pasar yang ada.

Kepala Cabang Auto2000 Malang Sutoyo Rudy Kristanto menambahkan realisasi penjualan mobil Toyota di Malang hingga triwulan I/2013 mencapai 1.500 unit per bulan atau naik 25% bila dibandingkan realisasi bulanan pada 2012 yang mencapai 1.200 unit per bulan.

Jika dibandingkan dengan realisasi penjualan mobil Toyota  periode yang sama 2012, kata Sales Supervisor Auto 2000 Sutoyo Malang Sutoyo Luqman Hakim, maka pertumbuhannya secara tahunan mencapai sekitar 37%.

“Dengan demikian masih perlu bekerja keras untuk mencapai target pertumbuhan 43%.”

Penjualan mobil Toyota di Malang, kata Rudy, terutama didominasi Avanza. Sumbangannya mencapai 53%. Dari sisi pangsa pasar mobil multi premium vehicle (MPV) low,  posisi Avanza mencapai 49% bila dibandingkan mobil yang dirilis kompetitor di kelasnya.

Penyumbang ke dua, Innova.  Sumbangannya mencapai  20%. Pangsa pasar mobil tersebut di kelas MPV medium mencapai 86% pada posisi Februari 2013.
Selanjutnya Yaris 5%, Dyna 5%,  Fortuner 5%, dan sisanya pangsa sedan, yaitu Vios, Camry, dan Altis.(k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper