Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPU VS BAWASLU: Didesak Hentikan Sengketa

BISNIS.COM, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) didesak untuk segera mengakhiri sengketa antara keduanya demi menuju Pemilu 2014 yang bersih.
Winda Rahmawati
Winda Rahmawati - Bisnis.com 02 April 2013  |  18:52 WIB
KPU VS BAWASLU:  Didesak Hentikan Sengketa

BISNIS.COM, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) didesak untuk segera mengakhiri sengketa antara keduanya demi menuju Pemilu 2014 yang bersih.

Seperti diketahui, KPU dan Bawaslu seringkali terlibat kisruh dan mengalami perbedaan perspektif tentang peraturan dan undang-undang, terutama sejak dalam penetapan partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2014.

Pengamat Politik dan Konsultan Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta Riawan Tjandra menilai kedua pihak agar secepat mungkin bisa mengambil dua langkah untuk mengakhiri persengketaan.

Pertama, baik KPU maupun Bawaslu melakukan kajian ulang sistem penyelesaian sengketa TUN Pemilu dalam Undang-undang No.8/2012.

Kedua, mereka harus merefleksi hakikat kewenangan masing-masing sebagai lembaga penyelenggara dan pengawas Pemilu.

“ Ini untuk mewujudkan negara yang demokratis melalui Pemilu yang luber, jurdil, dan bersih dari tekanan maupun intervensi kekuasaan, politik, maupun money politik,” ungkapnya.

Namun, dia enggan menjawab siapa pihak yang paling bersalah dalam sengketa antara kedua selama ini. "Tapi Bawaslu terkesan kurang komprehensif dalam mengambil keputusan." (if)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kpu pemilu bawaslu
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top