Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KRISIS BAWANG : Harga Bawang Bisa Picu Naiknya Inflasi Jateng

BISNIS.COM,  SEMARANG – Harga bawang merah dan bawang putih yang masih tinggi sampai sekarang diperkirakan akan memicu naiknya inflasi Jawa Tengah pada Maret 2013.
Endot Briliantono
Endot Briliantono - Bisnis.com 17 Maret 2013  |  21:57 WIB

BISNIS.COM,  SEMARANG – Harga bawang merah dan bawang putih yang masih tinggi sampai sekarang diperkirakan akan memicu naiknya inflasi Jawa Tengah pada Maret 2013.

Pengamat ekonomi dari Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang Alimuddin Rizal Rifai mengatakan sebenarnya bobot tertinggi yang mempengaruhi laju inflasi adalah komoditas beras, cabai, dan telur.

“Pada saat tiga komoditas itu harganya masih terkendali atau terjadi deflasi, laju inflasi masih dapat terjaga. Akan tetapi pada saat harga bawang tinggi ditambah harga beras juga tinggi maka laju inflasi bisa lebih tinggi lagi,” katanya, Minggu (17/3/2013).

Ia mengakui meskipun bawang merah dan bawang putih bukan merupakan kebutuhan pokok, tetapi komoditas tersebut banyak dibutuhkan masyarakat terutama oleh industri makanan.

“Bawang putih sebenarnya bukan menjadi faktor dominan yang mempengaruhi laju inflasi, tetapi juga dapat menjadi pemicu,” katanya.

Kontribusi bawang putih terhadap laju inflasi pada bulan Februari 2013 sebesar 0,75 persen dan diperkirakan akan memberikan kontribusi lebih tinggi lagi jika harganya tidak dapat dikendalikan.

Oleh karena itu, lanjut Alimuddin pemerintah pusat seharusnya segera bertindak mengubah situasi yang ada seperti tidak lagi memperketatkan impor hortikultura.

“Akan tetapi pemerintah seharusnya hanya mengimpor bawang putih, tidak untuk bawang merah karena Indonesia banyak petani bawang merah,” katanya.

Apalagi tingginya harga bawang merah ternyata tidak berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh petani. Petani bawang merah ternyata tidak merasakan dampak dari naiknya harga komoditas tersebut.

Alimuddin menambahkan terkait dengan kenaikan inflasi pada Maret, diperkirakan tidak semua daerah akan dipicu oleh bawang putih. “Ada daerah yang tingkat permintaan terhadap bawang putih rendah, sehingga harga naik atau tidak naik tidak banyak berpengaruh,” katanya.

Saat ini harga bawang putih di Pasar Peterongan Semarang Rp60 ribu per kilogram dan harga bawang merah Rp44 ribu per kilogram. (Antara/dba)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga bawang bawang putih bawang merah

Sumber : Donald Banjarnahor / newswire

Editor : Others
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top