Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DEKOM ASKES: Hingga kini belum ditetapkan

JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Watch mendesak Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara untuk segera menetapkan dewan komisaris PT Askes dalam waktu dekat ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Januari 2013  |  17:19 WIB

JAKARTA—Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Watch mendesak Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara untuk segera menetapkan dewan komisaris PT Askes dalam waktu dekat ini.

Menurut Koordinator Advokasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPSJ) Watch Timboel Siregar, proses transformasi PT Askes menjadi BPJS Kesehatan kurang dari 1 tahun, sehingga posisi dewan komisaris sangat penting untuk segera terisi.

“Sebelum 1 Januari 2014, BPJS Kesehatan sudah harus siap. Jadi jika hingga kini belum ada dewan komisaris PT Askes, maka dipastikan persiapan menuju awal tahun depan akan sangat kurang,” ungkapnya, Selasa (29/1/2013).

Timboel juga meminta kepada pemerintah untuk memilih dewan komisaris PT Askes dengan melibatkan jajaran perwakilan pengusaha dan perwakilan serikat pekerja/serikat buruh (SP/SB).

Hal itu dikarenakan perwakilan SP/SB dan pengusaha di jajaran dewan komisaris PT Askes sama pentingnya dengan perwakilan kedua unsur itu dalam jajaran komisaris PT Jamsostek.

“Kedua BUMN tersebut harus melibatkan unsur pekerja/buruh dan penggusaha karena keduanya menjadi penghubung kepentingan unsur stakeholder di dua lembaga itu,” jelasnya.

Nantinya, Timboel menuturkan, BPJS Kesehatan juga akan melayani pekerja formal dan informal, serta sebagai pengelola dana kesehatan pekerja, sehingga mengisi dewan komisaris PT Askes dengan unsur bipartit itu sangatlah penting.

“Tentunya pemilihan para komisaris PT Askes itu nantinya harus dilakukan secara terbuka dan obyektif agar dapat produktif dalam proses transformasi menjadi BPJS,” ungkapnya. (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : R. Fitriana

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top