Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OTOMOTIF: Kalla Toyota Luncurkan Nav1, Dongkrak Penjualan MPV High

MAKASSAR--PT Kalla Toyota, main dealer Toyota untuk wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Sulteng meluncurkan produk terbaru di kelas multi purpose vehicle (MPV) high yakni Nav1.
Wiwiek Dwi Endah
Wiwiek Dwi Endah - Bisnis.com 25 Januari 2013  |  18:54 WIB

MAKASSAR--PT Kalla Toyota, main dealer Toyota untuk wilayah Sulsel, Sulbar, Sultra dan Sulteng meluncurkan produk terbaru di kelas multi purpose vehicle (MPV) high yakni Nav1.

 

Direktur Operasional PT Kalla Toyota Hariyadi Kaimuddin mengatakan Nav1 merupakan kendaran jenis multi purpose vehicle (MPV) high.

 

“Kami optimistis kehadiran Nav1 mampu memenuhi kebutuhan konsumen terhadap kendaraan jenis MPV high, yang sekelas dengan Innova dan Alphard,” kata Hariyadi di sela-sela peluncuran Nav1 di Makassar, Kamis malam (24/1/2013).

 

Mesk produk baru, tapi pihaknya tidak terlalu mengejar penjualan Nav1, sebab pangsa pasar MPV high tidak terlalu tinggi. Tahun lalu saja hanya mampu terjual diangka 35 unit.

 

Dia mengatakan Nav1 didedikasikan untuk mengikuti perkembangan tren yang kian beragam. “Segmen MPV menjadi yang tercepat untuk inovasi,” ucapnya.

 

Dia menambahkan MPV menjadi kontributor terbesar penjualan Toyota. Market share Toyota di segmen MPV mencapai 53,6% dengan total penjualan mencapai 266.665 unit.

 

Dari total penjualan tersebut, terbanyak adalah Toyota Avanza yaitu 192.146 unit.

 

Hariyadi mengungkapkan sepanjang 2012 di wilayah penjualan Kalla Toyota, total market MPV mencapai 20.052 unit. Memberi kontribusi 44% dari penjualan perusahaan.

 

Avanza adalah yang paling laris, dengan penjualan mencapai 11.638 unit dengan total share 58% terhadap total MPV.

 

Nav1 pun diharapkan bisa makin memperkokoh posisi Toyota sebagai market leader di kelas MPV.

 

Meski secara unit menurutnya, Nav1 untuk Kalla Toyota belum begitu banyak, dimana pada Januari ini pihaknya hanya mendapat jatah tiga unit, namun dia berharap pasokan Nav1 bisa meningkat tiga kali lipat di bulan-bulan selanjutnya.

 

Nav1 adalah kepanjangan dari navigator number 1 (one). Di luar negeri, mobil ini bernama Noah. Namun Toyota Indonesia diberi kebebasan untuk menamai sendiri mobil dengan valvematic technology ini. 

 

Sementara secara keseluruhan, tahun ini Kalla Toyota menargetkan market share bisa mencapai 50%. 

 

Tahun lalu market share Kalla Toyota mencapai 48,3% dengan total penjualan 21.000 unit.

 

Jumlah itu, kata Hariyadi, meningkat dari market share tahun sebelumnya [2011] yang mencapai 46,7% dengan total penjualan 17.000 unit.

 

“Angka market share Kalla Toyota tersebut bahkan lebih tinggi dari market share Toyota secara nasional, yang tahun lalu hanya mencapai 40%,” katanya. (K46)

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wiwiek Dwi Endah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top