Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Rhoma Irama akan bawa dangdut ke Unesco

News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Januari 2013  |  17:00 WIB
JAKARTA: Pedangdut senior Rhoma Irama berharap lembaga Unesco mengakui musik dangdut sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Untuk itulah ia akan memperjuangkannya bersama dengan pemerintah Indonesia. 
 
"Saya dan teman-teman musisi dangdut beserta pemerintah tengah bekerjasama untuk membawa dangdut ke Unesco untuk diakui sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, seperti yang sudah terjadi pada batik," ujar Rhoma di Jakarta, Kamis (24/1). 
 
Artis yang mendapat julukan Raja Dangdut ini siap dan bertanggung jawab untuk membuktikan kebenaran bahwa musik dangdut merupakan musik asli bangsa Indonesia, bukan olahan dari India yang selama ini terdengar. 
 
"Ada bukti penelitian yang dilakukan oleh sosiolog dari University Of Pittsburgh dan juga Jepang, ini bisa dijadikan acuan bahwa dangdut itu dari Indonesia, bukan India," tegasnya. 
 
Menurut Rhoma, dangdut memang berawal dari musik Melayu, namun sudah berevolusi. "Dangdut asalnya musik Melayu, pengaruh barat dan India. Itu refreshing, kayak lagu barat yang diadopsi sama musisi kita," kata pimpinan grup Soneta itu. 
 
Untuk itulah, sudah menjadi kewajibannya untuk menjadikan dangdut sebagai warisan dunia. "Makanya mumpung masih hidup. Saya bisa mempertanggungjawabkan ini ke dunia," ucapnya. 
(Faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Wahyu Kurniawan

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top