Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MERKEL: Berlin-Paris Akan Usul Penguatan Zona Euro

BERLIN-- Jerman dan Prancis akan mengajukan usulan bersama untuk memperkuat zona euro pada Mei menjelang pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  06:35 WIB

BERLIN-- Jerman dan Prancis akan mengajukan usulan bersama untuk memperkuat zona euro pada Mei menjelang pertemuan tingkat tinggi Uni Eropa.

Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan hal itu pada Selasa (21/1/2013) dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Prancis Francois Hollande, terkait dengan peringatan 50 tahun Perjanjian Elysee yang memulihkan hubungan Prancis-Jerman.

Merkel mengatakan tujuannya akan menstabilisasi dan memperdalam penyatuan ekonomi dan moneter, lapor AFP.



Dia mengatakan inisiatif itu akan menargetkan lapangan pekerjaan, pertumbuhan dan daya saing serta akan dipresentasikan pada Mei menjelang pertemuan Dewan Eropa pada Juni.



Hollande mengatakan keputusan akan diambil dalam beberapa bulan mendatang untuk memperdalam penyatuan ekonomi dan moneter.

"Kami akan mencoba untuk menjadi sekonkret mungkin, yang dikatakan, yang paling berguna, sehingga pertumbuhan menguat," katanya kepada wartawan, menambahkan anggaran Eropa juga akan diselesaikan.
 


"Prancis dan Jerman memiliki andil tanggung jawab," tambahnya.
 


Pembicaraan tentang anggaran 2014-20 blok itu gagal pada November di tengah perbedaan tajam, dengan kelompok garis keras, seperti Inggris yang mendorong seruan untuk pengurangan dalam anggaran multi-tahun triliun euro plus dan menolak usulan kenaikan 5%.
 


Negara-negara lain, terutama anggota baru dan ekonomi lemah, mendorong untuk pengeluaran, terutama pada bidang sosial dan infrastruktur, yang harus dilindungi pada semua biaya, karena penting untuk mendorong pertumbuhan dan lapangan pekerjaan. (Antara/spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Sylviana Pravita RKN

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top