Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRANSJAKARTA: E-Money 5 Bank Nantinya Bisa Untuk Bayar Kopaja & Kereta Api

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng konsorsium lima bank dalam meluncurkan sistem e-ticketing Transjakarta, yaitu sistem pembayaran Transjakarta menggunakan produk e-money atau uang elektronik.Kelima bank tersebut yaitu PT Bank Rakyat

JAKARTA: Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggandeng konsorsium lima bank dalam meluncurkan sistem e-ticketing Transjakarta, yaitu sistem pembayaran Transjakarta menggunakan produk e-money atau uang elektronik.

Kelima bank tersebut yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Central Asia Tbk (BCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), dan PT Bank DKI. Acara peluncuran e-ticketing dilaksanakan di Lapangan Monas, Selasa (22/1).

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan kerja sama ini merupakan implementasi kebijakan satu jenis kartu untuk penggunaan semua moda transportasi di Ibu Kota. Ke depan, produk e-money lima bank itu bisa digunakan pula untuk membayar Kopaja, Metromino, dan kereta api.

"Lima bank ini juga akan membantu melakukan investasi e-ticketing Transjakarta. Sebagai kompensasi, bank dapat memanfaatkan halte bus untuk sarana edukasi dan pemasangan ATM ataupun vending machine sebagai alat isi ulang," paparnya.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan kemitraan ini merupakan bentuk komitmen perbankan bersama pemerintah dalam mendukung peningkatan layanan transportasi massal. Produk uang elektronik perseroan adalah Flazz.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Riswinandi juga menyampaikan hal serupa. "Kami berharap e-ticketing dapat meningkatkan kenyamanan dalam menggunakan transportasi umum, sehingga makin banyak masyarakat yang memakai transportasi publik," paparnya.

Produk uang elektronik Bank Mandiri di antaranya adalah e-Toll Card dan e-money.

Direktur Utama BNI Gatot Suwondo menyebutkan ada berbagai jenis e-money perseroan yang bisa digunakan untuk pembayaran Transjakarta, mulai dari kartu pra-bayar BNI yang generik, BNI Prepaid, maupun kartu lainnya yang merupakan hasil kerja sama dengan partner BNI.

Kartu kerja sama partner itu adalah kartu Intermoda, RailCard, Mekarsari, dan Kimteng. "Selain itu, Kartu Aku, Chelsea, dan Java Jazz Festival juga bisa dipakai," ujarnya.

Sementara, BRI akan menggunakan Brizzi dalam e-ticketing ini. "Brizzi juga dapat digunakan di berbagai supermarket, mini market, foodcourt, SPBU, jasa transportasi, airport tax bandara, restoran, dan merchant-merchant lain yang sudah bekerja sama dengan kami," terang Direktur Utama BRI Sofyan Basir.

Adapun Bank DKI, yang sudah menyediakan layanan e-ticketing Transjakarta bernama JakCard sejak 2011, menyambut baik perluasan kerja sama ini.

Perseroan sudah mengimplementasikan sistem JakCard dengan EDC di Transjakarta koridor 1-8. Sedangkan, untuk sistem JakCard dengan e-ticketing di koridor 6 sudah berjalan sejak Juni 2012.

Layanan e-ticketing ini akan diuji coba di koridor 1 Blok M-Kota. Sementara, untuk koridor lainnya baru dimulai Februari hingga April 2013.

Penjualan kartu post-launching rencananya dilakukan di 13 shelter, yakni Blok M, Dukuh Atas, Sarinah, Harmoni, Kota, Pulogadung, Arion, Utan Kayu, Manggarai, Ragunan, GOR Sumantri Kuningan, Mampang, dan Kuningan Barat.

"Kemitraan ini diharapkan dapat bisa menjadi solusi permasalahan transportasi di Jakarta," tukas Jokowi.

Dalam kesempatan ini, rombongan Gubernur DKI dan direksi kelima bank itu mencoba bus gandeng Transjakarta terbaru yang didatangkan dari Cina. Rute yang dilalui adalah Monas-Kota.

Saat ini, sudah ada sebelas koridor Transjakarta dengan rata-rata 320.000 transaksi per hari. Menurut rencana, ada penambahan satu koridor baru, sekitar 500 unit bus, dan enam Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG).

Selain itu, Kopaja dan Metromini akan diperbolehkan masuk ke jalur Transjakarta. Sehingga, transaksi e-ticketing diperkirakan dapat menyentuh 1 juta per hari. (bas)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper