Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Jokowi tawarkan 6 program ke SBY

JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan 6 program ke pemerintah pusat untuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan 6 program tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gelanggang Pemuda

JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan 6 program ke pemerintah pusat untuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan 6 program tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gelanggang Pemuda Bidaracina, Minggu (20/1).

Pertama, Jokowi meminta pemerintah pusat mendukung upaya normalisasi sungai dan pemindahan penduduk (resettlement) di sekitar sungai yang mulai dijalankan tahun ini.

"Kami siap dana pembebasan lahan Rp250 miliar [untuk Ciliwung] dan Rp400 miliar untuk Pesanggrahan," katanya.

Kedua, pembangunan sodetan yang menghubungkan Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur. Ketiga, Jokowi meminta penyegeraan pembangunan waduk Ciawi dan Cimanggis dan keempat, pembangunan sistem pompa di Jakarta Utara.

Usulan kelima Gubernur adalah pembangunan 10.000 sumur serapan berkedalaman 4--200 meter untuk mengurangi genangan air di permukaan tanah sekaligus memperbaiki kualitas air tanah di Jakarta.

Terakhir, Jokowi meminta dukungan atas ide pembangunan terowongan multifungsi dari jalan M. T. Haryono ke wilayah Pluit. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper