Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Jokowi tawarkan 6 program ke SBY

JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan 6 program ke pemerintah pusat untuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan 6 program tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gelanggang Pemuda
- Bisnis.com 20 Januari 2013  |  15:29 WIB

JAKARTA--Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menawarkan 6 program ke pemerintah pusat untuk mengatasi masalah banjir di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyampaikan 6 program tersebut kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Gelanggang Pemuda Bidaracina, Minggu (20/1).

Pertama, Jokowi meminta pemerintah pusat mendukung upaya normalisasi sungai dan pemindahan penduduk (resettlement) di sekitar sungai yang mulai dijalankan tahun ini.

"Kami siap dana pembebasan lahan Rp250 miliar [untuk Ciliwung] dan Rp400 miliar untuk Pesanggrahan," katanya.

Kedua, pembangunan sodetan yang menghubungkan Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur. Ketiga, Jokowi meminta penyegeraan pembangunan waduk Ciawi dan Cimanggis dan keempat, pembangunan sistem pompa di Jakarta Utara.

Usulan kelima Gubernur adalah pembangunan 10.000 sumur serapan berkedalaman 4--200 meter untuk mengurangi genangan air di permukaan tanah sekaligus memperbaiki kualitas air tanah di Jakarta.

Terakhir, Jokowi meminta dukungan atas ide pembangunan terowongan multifungsi dari jalan M. T. Haryono ke wilayah Pluit. (Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top