Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BANJIR JAKARTA: Macet Tekan Penghasilan Supir Angkot

JAKARTA--Hujan yang berkelanjutan yang membasahi Jakarta hampir sepanjang hari ikut menekan penghasilan yang diperoleh supir angkutan kota (angkot).Penghasilan yang tertekan akibat hujan deras dan banjir dil sejumlah tempat menyebabkan waktu tempuh angkutan
- Bisnis.com 17 Januari 2013  |  10:50 WIB

JAKARTA--Hujan yang berkelanjutan yang membasahi Jakarta hampir sepanjang hari ikut menekan penghasilan yang diperoleh supir angkutan kota (angkot).

Penghasilan yang tertekan akibat hujan deras dan banjir dil sejumlah tempat menyebabkan waktu tempuh angkutan umum menjadi  lebih panjang dari biasanya, karena macet dan menghindari jalan yang banjir.

"Pada jam sekarang ini [dari pukuil 05.00 sampai pukul 10.00]biasanya saya sudah 3-4 kali bolak balik PGC-Perumnas Klender, tapi ini baru satu kali," kata Asep, supir mikrolet yang melayani penumpang di kawasan Jakarta Timur, hari ini, Kamis (17/1).

Asep mengatakan dengan macetnya jalan menyebabkan dirinya harus menempuh jarak PGC-Perumnas Klender dalam waktu 4 jam. Padahal trayek tersebut biasanya hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Akibatnya uang yang diperolehnya pun tertekan. Biasanya sudah mendapatkan Rp 200.000 untuk melayani penumpang dari pukul 05.00 sampai pukul 10.00, hari ini di jam tugas yang sama baru mendapatkan penghasilan Rp 100.000.

Sementara dari pengamatan Bisnis, sejumlah supir angkutan umum ada yang tidak sabar menghadapi kemacetan, dan memutuskan tidak jadi mengantarkan penumpang sesuai trayek, dan mempersilakan penumpang yang sudah naik pindah ke angkuitan sejenis lainnya. (spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sylviana Pravita RKN

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top