Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

WALHI: Pengelolaan Sampah Kota Yogyakarta Tidak Relevan

YOGYAKARTA--Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta menilai pengelolaan sampah oleh pemerintah kota tidak relevan dengan UU No.18/2008 tentang Pengelolaan Sampah.
- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  19:49 WIB

YOGYAKARTA--Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Yogyakarta menilai pengelolaan sampah oleh pemerintah kota tidak relevan dengan UU No.18/2008 tentang Pengelolaan Sampah.

Oleh karenanya, lembaga tersebut meminta Pemkot Yogyakarta untuk melakukan terobosan baru dalam pengelolaan sampah.

Direktur Walhi Yogyakarta Suparlan mengatakan mengatakan sejauh ini pengelolaan sampah perkotaan masih bersifat memindahkan dari sumber timbunan sampah ke tempat pembuangan akhir.

“Berdasarkan UU tersebut dinatakan bahwa pengelolaan sampah dengan mekanisme pemindahan sudah tidak efektif sehingga pemkot perlu berinovasi untuk melakukan pengelolaan secara tepat,” katanya, Rabu (16/1/2013).

Menurut dia, mekanisme pengelolaan sampah ini perlu menjadi fokus pemkot mengingat tren tahunan volume sampah di Kota Yogyakarta terus meningkat.

Selain terkait pengelolaan sampah, Suparlan menyebutkan terdapat sejumlah pekerjaan rumah yang harus dilakukan Pemkot Yogyakarta tahun ini a.l terkait sistem sanitasi. Dia menilai dalam sistem sanitasi di Kota Jogja saat ini belum memadai.

“Pembangunan sanitasi seharusnya sifatnya berkelanjutan dan ditempat yang tepat. Pemkot harus lebih responsif tidak hanya waktu musim hujan saja baru ada perbaikan,” terangnya.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Sekti Dewi Mayestika

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top