Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NATAL & TAHUN BARU: Calon Penumpang KA Agar Perhatikan Jadwal Keberangkatan

YOGYAKARTA--PT Kereta Api Indonesia mengingatkan calon penumpang untuk memperhatikan jadwal keberangkatan kereta, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru 2013. 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Desember 2012  |  19:04 WIB

YOGYAKARTA--PT Kereta Api Indonesia mengingatkan calon penumpang untuk memperhatikan jadwal keberangkatan kereta, terutama selama libur Natal dan Tahun Baru 2013. 

"Calon penumpang kereta api khususnya pemberangkatan dari Stasiun Tugu, selama libur Natal dan Tahun Baru agar memperhatikan jadwal keberangkatan, sehingga tidak tertinggal kereta," kata Asisten Manajer Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) VI Kuswardoyo di Yogyakarta, Senin (24/12)

Dia  menjelaskan  pada libur hari-hari besar seperti Natal dan tahun baru serta Lebaran, banyak calon penumpang di Stasiun Tugu yang tertinggal kereta api, dengan alasan terjebak kemacetan lalu lintas. 

"Stasiun Tugu berada hanya beberapa meter dari Jalan Malioboro, jalan yang rentan terjadi kemacetan khususnya menjelang libur panjang hari-hari besar seperti Natal dan tahun baru serta Lebaran," katanya. 

Oleh karena itu, menurut dia, seharusnya hal itu dicermati oleh para calon penumpang, sehingga risiko terjebak kemacetan di jalan bisa diantisipasi sebelumnya. 

"Seharusnya calon penumpang berangkat lebih awal dari rumah, sehingga ada tenggang waktu panjang apabila terjebak kemacetan di jalan ," katanya Menurut dia, PT KAI tidak dapat memberikan toleransi maupun kompensasi apa pun terkait dengan keterlambatan penumpang tiba di stasiun. 

"Penumpang terlambat satu menit saja, dan kereta sudah berangkat, tiket langsung hangus, dan tidak ada toleransi maupun kompensasi, apa pun alasannya," katanya.Puncak kedatangan penumpang di wilayah Daop VI saat libur panjang akhir tahun ini diperkirakan terjadi pada 26 Desember, dan arus balik pada 1 Januari 2013, dengan jumlah penumpang bisa mencapai 8.500 orang. (Antara/if) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswires

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top