Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NATAL & TAHUN BARU: Polda Papua siagakan 3.793 personil

News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Desember 2012  |  06:28 WIB
JAYAPURA - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyiagakan 3.793 personilnya yang tersebar disejumlah Polres kabupaten/kota yang ada diwilayah tersebut selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2013.
 
Kabid Humas Polda Papua, AKBP I Gede Sumerta Jaya berbicara kepada ANTARA Jayapura, Senin, mengatakan dalam Operasi Lilin guna pengamanan Natal dan Tahun Baru diwilayah tersebut telah dimulai sejak Minggu (23/12) kemarin hingga tanggal 1 Januari 2013.
 
"Untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru ada Operasi Lilin, dan telah dimulai sejak kemarin hingga 1 Januari 2013," katanya.
 
Mantan Kapolres Jayawijaya itu juga mengatakan pihaknya akan melakukan sweeping terhadap peredaran Minuman Keras dan Petasan, karena kedua hal ini sering menjadi penyebab terjadinya ketidak nyamanan bagi masyarakat "Pesan dari bapak Kapolda Papua agar seluruh warga di Papua saling menjaga keamanan dan ketertiban dilngkungan masing-masing. Sebab masalah ketertiban dan keamanan bukan semata-mata menjadi tanggungjawab aparat keamanan saja akan tetapi adalah tanggungjawab bagi seluruh warga," katanya.
 
Sebelumnya pada Jumat (21/12) Polda Papua menggelar apel gabungan pasukan yang disebut Operasi Lilin guna pengamanan Natal dan Tahun Baru 2013 dilapangan PTC Entrop, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura.
 
Yang mana pasukan yang dilibatkan dalam pengamanan tersebut diikuti oleh seluruh kesatuan pengamanan Polri dan dari tiga kesatuan yakni TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) serta Dinas Perhubungan (Dishub) serta Jasa Raharja. Sebanyak 82.723 perseonil yang diterjunkan dalam pengamanan tersebut, yang terdiri dari Polri 3.793 personil, TNI 15.024 personil serta instansi terkait dan komponen masyarakat lain.
 
Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian yang bertindak selaku inspektur upacara meminta kepada setiap aparat keamanan untuk melakukan tugas secara bertanggungjawab dengan memberikan rasa kenyamanan kepada setiap warga Negara yang ada didaerah tersebut, terutama bagi warga yang akan melakukan ibadah dalam perayaan hari Natal maupun Tahun Baru.
 
Mantan Kadensus 88 dan peraih titel MA dibidang kepolisian di Universitas Exter Inggris pada 1993 itu juga megatakan perayaan Natal diwilayah itu, yang dipastikan umat Nasrani akan beribadah ke gereja-gereja dan jelang Tahun Baru 2013 akan diisi dengan berbagai kegiatan kemasyarakatan yang berupa hiburan yang mungkin memobilisasi banyak massa dalam jumah yang besar. "Hal ini akan segera diantisipasi kemungkinan terjadinya potensi kerawanan, dan saya harap seluruh lapisan masyarakat ikut menjaga keamanan dan kedamaian yang telah tercipta," katanya. (Antara/faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top