Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAYANAN PUBLIK: 90% Hotel Di Balikpapan Gunakan Air Tanah

BALIKPAPAN-Sekitar 90% dari total hotel yang beroperasi di Balikpapan sebanyaki 61 unit masih menggunakan air tanah karena kualitas air PDAM yang belum sesuai dengan standar hotel dan tingginya harga jual air dari PDAM Tirta Manggar.
Arma Editor
Arma Editor - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  18:04 WIB

BALIKPAPAN-Sekitar 90% dari total hotel yang beroperasi di Balikpapan sebanyaki 61 unit masih menggunakan air tanah karena kualitas air PDAM yang belum sesuai dengan standar hotel dan tingginya harga jual air dari PDAM Tirta Manggar.

Ketua PHRI Kota Balikpapan Doddy Achadiyat mengatakan penggunaan air tanah dirasa lebih baik dari segi kualitas dan efisiensi biaya operasional hotel. “Memang 90% masih menggunakan air tanah karena dianggap  lebih baik dibandingkan dengan air PDAM,” ujarnya hari ini (14/12).

Dia mengakui pelaku usaha perhotelan berkeinginan untuk dapat mempergunakan air PDAM apabila harga jualnya bisa ditekan seiring belum baiknya kualitas air yang diberikan.

Doddy menyebutkan besaran pajak air tanah sebenarnya cukup membebani biaya operasional tetapi dengan kualitas air yang lebih baik, pihaknya cenderung mempergunakan air tersebut.

Alternatif lain, pemerintah bisa memberikan harga khusus dengan batasan minimum pemakaian kendati kualitas air belum sepenuhnya baik. “Sehingga seperti ada semacam kompensasi bagi pelaku usaha ketika menggunakan air PDAM ini,” tuturnya.

Sebelumnya Direktur Umum PDAM Tirta Manggar Chaidir Effendi menyebutkan pelanggan PDAM didominasi oleh pelanggan rumah tangga. Dari jumlah pelanggan saat ini yang mencapai 82.000 pelanggan, 90% diantaranya merupakan pelanggan rumah tangga.

“Sisanya baru pelanggan dari kalangan pelaku usaha. Kami sayangkan ini karena konsumsi industri terhadap air biasanya jauh lebih tinggi dan apabila menggunakan air tanah akan berdampak terhadap lingkungan,” ujarnya. (yus) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top