Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12-12-12: Kowani gelar Kongres dan 12 program

JAKARTA--Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyambut tanggal unik dan cantik 12-12-12 dengan cara mendeklarasikan kegiatan 12 program bidang melalui sains dan teknologi.
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 12 Desember 2012  |  20:44 WIB

JAKARTA--Kongres Wanita Indonesia (Kowani) menyambut tanggal unik dan cantik 12-12-12 dengan cara mendeklarasikan kegiatan 12 program bidang melalui sains dan teknologi.

Dewi Motik Pramono, Ketua Umum Kowani, mengatakan dalam menuju era abad 21, organisasi tersebut ingin kaum perempuan Indonesia lebih maju lagi. Kowani, lanjutnya, beranggotakan 86 organisasi wanita yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah (nasib) suatu kaum, sampai mereka mengubah nasibnya sendiri. Begitu arti penggalan ayat ke-11 surat Ar-Ra’d," kata Dewi mengutip ayat AlQuran tersebut, di sela-sela  Sarasehan Kowani 12, 12, 12 Menuju Era Abad 21, Rabu (12/12/2012) di Jakarta.

Sarasehan tersebut dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari.

Dewi menuturkan masyarakat tidak usah jauh-jauh mencari referensi untuk hidup maju. "AlQuran sudah mengajarkan manusia bagaimana mengubah hidupnya. Jadi, kalau perempuan ingin maju, ya, harus mengubah nasibnya," ungkapnya.

Menurut dia, kaum perempuan bisa maju tanpa harus mengenyampingkan kodratnya sebagai isteri dan ibu. Karunia Allah yang berlimpah ruah di negeri ini, harus juga dimanfaatkan oleh kaum hawa, termasuk mengikuti perkembangan teknologi informasi. 

"Perempuan jangan meratapi dirinya yang harus dikasihani. Meratapi diri sama saja dengan tidak melakukan perubahan. Tapi tunjukkan dengan hasil karya nyata," katanya.

Dia memaparkan ketika perempuan meningkatkan kemampuannya dalam bidang sains dan teknologi, perempuan akan dihargai. Tidak lagi dipandang sebelah mata, atau dilecehkan.

Dia berharap seluruh organisasi anggota Kowani dapat mengisi berbagai kegiatan yang bisa mengubah nasib kaum perempuan, melalui program 12 bidang Kowani, yang disosialisasikan kepada kaum perempuan seluruh Indonesia. 

Isi pernyataan dari deklarasi tersebut adalah kaum wanita Indonesia sebagai ibu bangsa, berlandaskan 4 pilar kebangsaan. "Dengan semangat cinta tanah air, menyatakan bersatu padu dan bertekad bulat mempertahankan dan mengisi kemerdekaan RI, dengan melaksanakan kegiatan program 12 bidang melalui sains dan teknologi," ungkap Dewi.

Ke-12 bidang tersebut, katanya, a.l. bidang organisasi dan keanggotakan, moral agama, pendidikan, iptek, seni dan budaya, ekonomi dan koperasi, ketenagakerjaan, sosial -kesehatan, serta hukum dan HAM.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rahmayulis Saleh

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top