Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENERIMAAN CPNS KEMENKUMHAM 2012: 1.752 peserta ikuti tes CPNS Kemenkumham

JAKARTA: Hari ini, 8 September,tes masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak di 90 titik lokasi di seluruh Indonesia. Adapun tes CPNS Kemenkumham digelar di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang diikuti 1.752 orang.Ujiannya berbentuk

JAKARTA: Hari ini, 8 September,tes masuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) digelar serentak di 90 titik lokasi di seluruh Indonesia. Adapun tes CPNS Kemenkumham digelar di Stadion Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang diikuti 1.752 orang.Ujiannya berbentuk tertulis yang antara lain terdiri dari soal-soal pengetahuan umum dan wawasan kebangsaan. Waktu pelaksanaan ujian mulai dari pukul 08.30-11.10 di ruang terbuka sehingga cuaca yang sangat panas membuat para peserta sibuk menghindari teriknya cahaya matahari. Selain itu, cara menjawab dengan cara melingkari menggunakan pensil juga terlihat sulit karena tidak adanya meja untuk alas bagi para peserta dalam menjawab soal.Pelaksanaan ujian seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan serentak pada 8 September 2012 di sekitar 90 lokasi.Ujian tersebut memperebutkan sebanyak 14.560 kursi PNS yang dibutuhkan oleh 48 instansi pemerintah. Selain itu, untuk CPNS dari pendidikan kedinasan sebanyak 4.126.Berdasarkan situs resmi CPNS, tahun ini hanya 23 instansi pemerintah pusat dan 25 pemerintah daerah yang memenuhi syarat melakukan penerimaan CPNS untuk jabatan yang dikecualikan dari moratorium.Padahal, anggaran dari APBHN 2012 dialokasikan untuk penerimaan 61.560 PNS, tetapi ternyata hanya terserap 14.560 orang. Jumlah itu terdiri dari 11.870 instansi pusat dan 2.681 untuk pemerintah daerah.Semula, ada 119 instansi yang mengusulkan permohonan CPNS untuk 2012. Untuk puisat sebanyak 59 instansi, daerah sebanyak 47 instansi, sehingga jumlahnya 76.000 lebih. Namun, berdasarkan kebijakan moratorium, setiap instansi harus melengkapi usulan itu dengan analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.(api)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper