Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENERIMAAN CPNS 2012: Inilah Bentuk Soal CPNS yang Diujikan Pada 8 September 2012

JAKARTA: Dengan waktu yang terbatas, peserta ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 harus menjawab berbagai soal dan pertanyaan yang jumlahnya cukup banyak. Apa saja soal yang harus dijawab oleh peserta ujian CPNS?Sekretaris Menteri

JAKARTA: Dengan waktu yang terbatas, peserta ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2012 harus menjawab berbagai soal dan pertanyaan yang jumlahnya cukup banyak. Apa saja soal yang harus dijawab oleh peserta ujian CPNS?Sekretaris Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tasdik Kinanto menyebutkan, untuk kategori test dibagi tiga yakni intelegensia umum, wawasan kebangsaan, dan karakteristik pribadi. Semua adalah tes kompetensi dasar."Jadi ada 50 soal tes wawasan kebangsaan, 50 soal tes intelegensia umum, dan tes karakteristik pribadi 100 soal. Waktunya 2,5 jam," ungkap Tasdik di Jakarta.Menurutnya, kompetensi dasar harus dipahami, dimengerti oleh calon-calon aparatur negara. Pihaknya bertanggungjawab untuk menggelar seleksi yang fokus pada kompetensi dasar saja. Selanjutnya akan ada tes kompetensi bidang. "Itu sesuai dengan bidang tugas masing-masing di instansi-instansi," jelasnya.Setelah test selesai, pada hari itu juga dokumen jawaban peserta akan dibawa langsung ke Jakarta untuk diolah dan diproses dengan sistem komputerisasi.Dia berharap, pengumuman test seleksi awal bisa dilakukan pada bulan September. "Karena kan ada tes nasional dan ada tes bidangnya masing," imbuhnya. Untuk mempelajari soal-soal tes kompetensi dasar tersebut dapat dipelajari di http://www.cpnsonline.com yang menyediakan soal-soal ujian cpns indonesia sebagai latihan bagi peserta ujian cpns yang akan digelar pada tanggal 8 September 2012 nantinya.(api) 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper