Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EURO 2012: JERMAN VS YUNANI, tim panser hancurkan perlawanan heroik Yunani 4-2

JAKARTA: Ambisi Jerman untuk meraih gelar masih terjaga setelah menang 4-2 atas Yunani. Walaupun mencetak empat gol, laga ini tak berjalan mudah bagi Jerman karena sang juara Euro 2004 itu memberikan perlawanan keras dan ketat.Hanya saja, Jerman yang

JAKARTA: Ambisi Jerman untuk meraih gelar masih terjaga setelah menang 4-2 atas Yunani. Walaupun mencetak empat gol, laga ini tak berjalan mudah bagi Jerman karena sang juara Euro 2004 itu memberikan perlawanan keras dan ketat.Hanya saja, Jerman yang unggul kualitas individu pemain, mampu tampil lebih baik mulai pertengahan babak kedua dan memupuskan impian Yunani untuk kembali membuat kejutan dan mengulangi prestasi di Portugal, delapan tahun lalu. Dengan hasil ini, Jerman akan bertemu Italia atau Inggris di babak semi-final Euro 2012.Susunan pemain Jerman dalam pertandingan perempat-final melawan Yunani di Gdansk, Polandia, Jumat (22/6) waktu sempat mengalami beberapa perubahan. Posisi Lukas Podolski, Thomas Muller dan Mario Gomez masing-masing digantikan oleh Andre Schurle, Marco Reus dan Miroslav Klose.Sejak awal pertandingan, Jerman berusaha mengambil inisiatif penyerangan. Mereka mampu mendominasi di menit-menit awal, bahkan Schurrle sudah mencetak gol di menit keempat, tapi dianulir oleh wasit karena sudah berada dalam posisi off-side.Yunani mulai bangkit dengan beberapa kali melakukan serangan balik. Jerman baru kembali membuka peluang melalui Ozil, namun tendangannya lemah dan mampu diantisipasi penjaga gawang Yunani.Beberapa peluang yang dihasilkan tim besutan Joachim Low itu mampu dimentahkan kiper Sirakis maupun barisan pertahanan Yunani. Reus setidaknya mendapat dua peluang bagus untuk mencetak gol tapi belum ada yang menemui sasaran.Setelah beberapa serangan mereka dimentahkan, Jerman akhirnya mampu memecah kebuntuan melalui kapten tim Philipp Lahm di menit ke-39. Lahm yang mendapat umpan dari Ozil, melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti ke arah pojok kiri gawang Yunani. Gol ini seperti mengulang gol yang dicetak Lahm ke gawang Kosta Rika.

 

Di babak kedua, Yunani langsung memasukkan dua pemain baru yaitu Fotakis dan Gekas. Meskipun begitu, Jerman masih menguasai permainan dan membuat beberapa peluang. Yunani yang lebih mengandalkan bola-bola atas dan umpan lambung sempat mendapat peluang melalui Makos dan Katsouranis, tapi belum membuahkan hasil.Namun Yunani mampu mengejutkan lawan mereka melalui gol penyama kedudukan yang disarangkan Samaras di menit ke-55 setelah mendapat assist dari Salpingidis. Tim dan pendukung Yunani bersorak kencang dan mulai meyakini bisa membuat kejutan lagi.Sepertinya Jerman terlihat gugup dan Schurrle membuat peluang mencetak gol beberapa menit kemudian. Tapi mental juara tim Panser mulai mengemuka saat Sami Khedira membuat gol di menit ke-60 setelah mendapat assist dari Boateng.Jerman kembali di atas angin dan kemudian Muller masuk menggantikan Schurrle. Mereka mendapat tendangan bebas setelah Ozil dilanggar Papastathopoulos. Tendangan yang dilakukan gelandang Real Madrid itu menjadi umpan matang bagi Klose yang menyundul bola ke gawang lawan. Ini adalah gol ke-64 dalam 120 laga bagi penyerang veteran itu.Skor 3-1 bagi keunggulan Jerman di menit ke-68 dan semakin sulit bagi Yunani untuk mengejar ketertinggalan. Jerman justru menambah skor di menit ke-74, lewat Reus yang merupakan hasil kerjasama Ozil dengan Klose. Unggul jauh, Low melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Gotze dan Gomez.Klose yang digantikan Gomez mendapat standing ovation dari para pendukung Jerman. Setelah itu beberapa peluang kembali dibuat dan mereka hampir saja menambah gol kalau saja umpan Ozil berhasil disambut Gomez.Yunani belum mau menyerah begitu saja. Walaupun lebih banyak dipaksa bertahan, mereka masih mampu melancarkan serangan, bahkan umpan dari Fotakis berbuah tendangan penalti karena dianggap mengenai tangan Boateng.Salpingidis melakukan eksekusi dengan tenang dan menipiskan kekalahan timnya menjadi 4-2 saat laga tersisa satu menit lagi.Tak lama kemudian pertandingan pun berakhir dan Jerman berhasil lolos ke semi-final.(api) 

SUSUNAN PEMAIN:JERMAN: Manuel Neuer, Mats Hummels, Holger Badstuber, Philipp Lahm, Jerome Boateng, Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger, Andre Schürrle, Marco Reus, Mesut Özil, Miroslav KloseYUNANI: Michail Sifakis, Giorgios Tzavellas, Kyriakos Papadopoulos, Vasilis Torosidis, Sokratis Papastathopoulos, Giannis Maniatis, Grigoris Makos, Georgios Samaras, Sotiris Ninis, Kostas Katsouranis, Dimitris Salpingidis

 

 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper