Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEILY SETIAWAN, 9 tahun, jadi penulis termuda yang masuk iBooks

JAKARTA: Sinarmas World Academy (SWA) dukung salah satu siswanya yang menjadi penulis termuda yang menerbitkan buku cerita bergambar iBooks di toko iTunes.

JAKARTA: Sinarmas World Academy (SWA) dukung salah satu siswanya yang menjadi penulis termuda yang menerbitkan buku cerita bergambar iBooks di toko iTunes.

 

"iBook yang di tulis  Keily Setiawan, 9 tahun, siswi kelas 4 SD di SWA, berjudul  Chen Chen Goes to Space ini memanfaatkan  aplikasi software terbaru dari Apple bernama ‘iBooks Author’," ungkap  Jane Ross, guru Tekhnologi Informasi di sekolah itu, Sabtu 12 Mei 2012.

 

Menurut Jane, software itu menyediakan media baru yang terdepan dan unggul kepada generasi muda dan para guru, membuat mereka mampu untuk menulis buku-buku multimedia yang canggih dan menyebarkannya kepada pembaca di seluruh dunia.

Jane yang juga salah satu Apple Distinguished Educators dari tim SWA, adalah salah satu guru dari sekelompok guru yang terpilih di Asia yang diundang untuk mengikuti pelatihan lanjutan mengenai software terbaru itu di Bangkok.

 

Sejak itu, dia memperkenalkan aplikasi software tersebut kepada para guru dan siswa/i di SWA dan mendapat respons positif dan antusiasme siswa/i untuk menulis. “Tidak hanya sebuah teknologi baru, tapi belajar bagaimana menerbitkan sebuah iBook adalah suatu pengalaman baru untuk sekolah juga”, ujar Jane.

 

Dia mengaku  mendapati kesulitan dalam membantu Keily untuk menerbitkan karyanya di iTunes dalam bahasa Mandarin dan  baru berusia dibawah 13 tahun sehingga dianggap terlalu muda untuk menerbitkan karyanya.

 

Kepala Sekolah SWA, John McBryde menilai hasrat  siswa/i dari segala usia untuk bisa menerbitkan atau mempublikasikan iBooks tidak bisa ditekan dan jauh melampaui dari arti pentingnya pendidikan literasi dan teknologi.

 

Oleh karena itu dia bangga dengan pencapaian yang diraih Keylie di bantu ibunya yang akhirnya dapat mempublikasikannya  dalam  dua bahasa yaitu Mandarin dan Bahasa Inggris serta menambahkan bahasa Inggris ke dalam tulisan dan suara pendukungnya.

 

Keily , tambah Jane, bukan hanya salah satu siswi pertama di dunia yang menulis secara mandiri, menciptakan dan menerbitkan sebuah iBook di iBookstore, tetapi mungkin juga ia adalah anak ‘pertama’ yang menerbitkan sebuah buku cerita bergambar dalam bahasa Inggris-Mandarin untuk pembaca iBooks.

 

Hal itu, ujarnya, merupakan sebuah contoh yang sangat bagus tentang nilai dari teknologi yang memperkaya lingkungan belajar siswa  dunia sekarang ini.

 

iBook karya Keily tersedia untuk diunduh gratis di iPhone, iPad atau iPod melalui iBookstore. Namun Anda membutuhkan akun iTunes di Amerika Serikat, Eropa atau Australia karena iBookstore belum tersedia di iTunes Asia.

 

SWA membentuk sebuah iTunes University Channel untuk menampung hampir sekitar 100 buku yang telah ditulis oleh siswa/i SWA dari tingkat TK B hingga Kelas 10.

 

Jane akan memupuk minat menulis anak-anak di seluruh Jakarta, dengan mengadakan pelatihan pertama dari serangkaian pelatihan akhir pekan yang akan dimulai pada hari Sabtu, 26 Mei di Kampus SWA di Jln. MH Thamrin, CBD Jakarta.

 

Jane juga menawarkan pelatihan untuk orangtua yang ingin belajar bagaimana membuat sebuah iBook dengan anak-anak mereka.

 

SWA berdiri pada bulan Juli 2008, dan menawarkan pendidikan dari tingkat Batita sampai dengan SMA, dengan total siswa sebanyak 500 siswa. Siswa/i di SWA mewakili 24 kewarganegaraan, termasuk didalamnya 40% siswa international, dan 60% siswa berasal dari Indonesia.

 

Para guru mewakili 14 kewarganegaraan dengan sebagian besar berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, Selandia Baru, dan sisanya berasal dari Belanda, Afrika Selatan, Cina dan Indonesia.

 

SWA merupakan sekolah IB World School yang sudah diotorisasi dan menawarkan tiga program IB yaitu IB Primary Years Programme, IB Middle Years Programme dan IB Diploma.

 

Sekolah ini terdepan dalam penggunaan TI dan setiap siswa dari Kelas 4 hingga Kelas 12 disediakan fasilitas komputer laptop. Semenjak bekerjasama dengan Universitas Peking di Cina, SWA lebih mengembangkan pendalaman pengajaran bahasa Mandarin beserta budaya China.

 

SWA merupakan pusat untuk Teacher Professional Development dan juga merupakan Apple Regional Training Center serta menyediakan pelatihan untuk guru-guru Mandarin yang bekerja sama dengan Universitas Peking, China. (ea)

 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

>10 ARTIKEL PILIHAN REDAKSI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : nurul

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper