Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Samarinda bangkitkan potensi wisata

SAMARINDA: Andil sektor jasa, terutama pariwisata, terus dioptimalkan penerimaannya guna menambah pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kota Samarinda.Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail mengatakan sektor wisata bisa membangkitkan potensi daerah

SAMARINDA: Andil sektor jasa, terutama pariwisata, terus dioptimalkan penerimaannya guna menambah pendapatan asli daerah (PAD) Pemerintah Kota Samarinda.Wakil Walikota Samarinda Nusyirwan Ismail mengatakan sektor wisata bisa membangkitkan potensi daerah yang masih belum dikenal luas."Ini menjadi peluang bagi kami karena sektor industri sudah mulai jenuh," ujarnya kepada Bisnis hari ini.Pada 2010, pendapatan sektor pariwisata mencapai Rp23 miliar. Angka tersebut diharapkan bisa terus meningkat seiring dengan beberapa agenda yang telah disusun untuk pariwisata.Pihaknya berencana kembali menghidupkan Festival Mahakam yang pelaksanaannya sempat terhenti pada 2010. Dengan target sukses di helatan lokal pada 2011, Nusyirwan memberi target Festival Mahakam bisa berskala nasional pada 2013.Kepala Dinas Kebudayaan,Pariwisata dan Komunikasi dan Informatika Kota Samarinda Nasarudin mengatakan menghidupkan kembali sektor pariwisata merupakan tanggung jawab lintas satuan kerja perangkat dinas (SKPD). Selain itu, pemberdayaan Sungai Mahakam yang menjadi ikon Samarinda masih kurang optimal.Melalui penghidupan kembali Festival Mahakam yang rencananya akan digelar pada 11-15 Oktober  Nasarudin berharap potensi sungai terlebar di Indonesia ini bisa dimanfaatkan. Selama ini sungai tersebut hanya digunakan sebagai sarana transportasi air bagi warga Kaltim.Nasarudin mengatakan dalam Festival Mahakam yang telah memasuki tahun ke-11 tersebut akan diisi oleh sejumlah even pariwisata terutama di perairan. Lomba balap perahu dan berenang menyeberangi Sungai Mahakam digadang-gadang menjadi andalan bagi festival tersebut selain acara-acara lainnya. (22/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper