Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Chavez tetap akui Gaddafi

CARACAS: Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan pada Selasa bahwa dia hanya akan mengakui satu pemerintahan Libia yang dipimpin oleh teman dan sekutunya Moammar Gaddafi. Dia juga menuding Amerika Serikat menyulut perang saudara di negara itu.Chavez

CARACAS: Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan pada Selasa bahwa dia hanya akan mengakui satu pemerintahan Libia yang dipimpin oleh teman dan sekutunya Moammar Gaddafi. Dia juga menuding Amerika Serikat menyulut perang saudara di negara itu.Chavez menuduh kekuatan Barat memperlakukan dengan kasar hukum internasional dengan cara mendukung para pemberontak dalam pergolakan melawan Gaddafi."Ini tendangan, penghinaan ..., atas unsur-unsur paling dasar dari hukum internasional," katanya. "Di manakah hak-hak internasional? Ini seperti zaman manusia tinggal gua."  Pemimpin sosialis Venezuela itu berbicara setelah pemberontak menguasai kompleks Gaddafi di Tripoli yang tampaknya merupakan akhir dari kekuasaan 42 tahun kepemimpinan penguasa Libia."Kami hanya mengakui satu pemerintahan, yang didukung oleh Moammar Gaddafi," kata Chavez yang mendapat sambutan hangat ketika dia memimpin sidang kabinet yang disiarkan langsung televisi negara.Selama 6 bulan perang saudara, lebih dari 30 negara termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa telah mengakui Dewan Transisi Nasional (TNC) yang memberontak sebagai otoritas yang memerintah di Libya.Chavez menuduh kekuatan-kekuatan Barat membakar konflik untuk mencuri minyak Libia. "Mereka mengatur perang ini," katanya merujuk kepada AS. "Mereka menyediakan persenjataan, tentara bayaran. Mereka lebih baik jangan mencoba menerapkan formula Libia itu atas Venezuela atau kami akan tunjukkan kekuatan kami kepada mereka."Baik Chaves maupun Gaddafi adalah orang yang berlatar belakang tentara yang revolusioner antiimprialis dan menjalin persahabatan melawan pemimpin dunia yang tak menyukainya selama dekade terakhir.Mereka beraliansi atas dasar gagasan ekonomi beraliran kiri, hubungan antagonis dengan Amerika Serikat dan keanggotaan mereka di OPEC.Beberapa laporan media memperkirakan Gaddafi, yang keberadaannya masih belum diketahui, bisa mencari suaka di Venezuela tetapi Chavez tak menyebutkan hal itu. (ea)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper