Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TAM dan Hyundai siap ikut program mobil murah

JAKARTA : PT Toyota Astra Motor dan PT Hyundai Mobil Indonesia siap terlibat dalam program penyediaan mobil murah nasional asalkan pemerintah segera memperjelas insentif dan standar spesifikasi kendaraan yang layak diproduksi sesuai dengan kondisi pasar

JAKARTA : PT Toyota Astra Motor dan PT Hyundai Mobil Indonesia siap terlibat dalam program penyediaan mobil murah nasional asalkan pemerintah segera memperjelas insentif dan standar spesifikasi kendaraan yang layak diproduksi sesuai dengan kondisi pasar domestik.Direktur Pemasaran TAM Joko Trisanyoto menuturkan sampai saat ini belum ada aturan yang jelas tentang program mobil murah yang akan digulirkan pemerintah sehingga seluruh principal masih menunggu terutama yang berkaitan dengan insentif fiskal dan spesifikasi produksi.Selama ini, katanya, Gaikindo terlibat aktif dalam diskusi persiapan program mobil terjangkau tersebut namun belum ada keputusan dari pemerintah dari hasil pembicaraan yang telah beberapa kali dilakukan.Sampai sekarang belum ada aturan jelas. Jadi, TAM belum memiliki gambaran arahnya ke mana karena aturan resmi belum keluar sehingga seluruh pemegang merek yang mewakili prinsipal belum bisa menyesuaikan. Padahal, pembicaraan dan negosiasi sudah dilakukan tapi belum putus, jelasnya kepada Bisnis hari ini.Dia menyampaikan pihaknya berharap dapat terlibat dalam program mobil murah tersebut asalkan masalah insetif segera diperjelas dan syarat spesifikasi kendaraan juga ditetapkan untuk bisa memperhitungkan kelayakan investasi.Hal serupa disampaikan Presdir PT Hyundai Mobil Indonesia, Jongkie D. Sugiarto, menurutnya, program mobil murah sebenarnya cukup prospektif bagi pasar Indonesia selama pemerintah bisa memperjelas bentuk insentif dan kelayakan produksinya.Selama ini, katanya, pihaknya juga mewakili Gaikindo untuk berdiskusi dengan pemerintah agar program mobil terjangkau itu bisa direalisasikan. Namun, sampai saat ini pemegang merek masih menunggu kepurusan dari pemerintah.Hyundai tertarik untuk turut terlibat dalam proyek penyediaan mobil murah bagi pasar Indonesia, tinggal pemerintah memperjelas dulu kebijakannya agar layak investasi dan layak secara pasar. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper