Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK Tepis Penunjukan Erick Thohir Jadi Ketua Tim Kampanye Gara-gara Sandiaga

Ketua Dewan Pengarah Nasional Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Jusuf Kalla mengatakan penunjukan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye karena pengalamannya memimpin organisasi.
Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir (tengah)./JIBI/BISNIS/Muhammad Ridwan
Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir (tengah)./JIBI/BISNIS/Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Pengarah Nasional Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin Jusuf Kalla mengatakan penunjukan Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye karena pengalamannya memimpin organisasi, bukan karena kedekatannya dengan calon wakil presiden kubu sebelah, Sandiaga Uno.

"Saya kira Pak Jokowi mencari orang yang mampu untuk memimpin tim besar," katanya di Kantor Wakil Presiden pada Senin (10/9/2018).

Dia menilai sosok Erick sebagai pengusaha sudah teruji dan terbiasa memimpin tim besar, baik di dalam maupun luar negeri. Di Indonesia, dia dikenal sebagai pemilik media a.l. Mahaka Group yaitu Harian Republika, Gen FM, dan Jak FM. Dia juga memiliki saham di TV One, Jak TV, hingga ANTV.

Sementara itu, nama anak dari Teddy Thohir tersebut tercatat sebagai Presiden klub Serie A Italia Inter Milan dan klub Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat DC United. Kiprah Erick sebagai Ketua Inasgoc (Panitia Pelaksana Asian Games 2018) menambah daftar prestasinya.

"Inter Milan itu kan tim besar. Kemudian kemarin [menyelenggarakan] Asian Games. Pengalaman me-manage tim dan program dapat dicapai," jelasnya.

JK menambahkan siap memberikan kritik dan saran kepada juniornya tersebut. Apalagi, Erick memang belum pernah terjun langsung dalam politik praktis.

"Ya tergantung masalahnya. Bagaimana memadukan program pemerintah dengan kemampuan dari calon [Presiden dan Wakil Presiden]," ungkap JK.

Sebelumnya, bakal cawapres Sandiaga Salahuddin Uno mengaku memiliki hubungan pertemanan yang sangat baik dengan Erick Thohir sejak sekolah dasar.

Menurutnya, hubungan pertemanan mereka sudah terjalin sejak duduk di bangku sekolah dasar. Mereka saat itu menggeluti hobi yang sama yakni bermain basket. Hubungan pertemanannya pun terus berlangsung mulai dari bangku persekolahan, kuliah, hingga saat ini.

Salah satu bukti hubungan pertemanan mereka adalah foto bersama yang beredar di media sosial. Pada foto tersebut, juga nampak istri Sandiaga Uno, Nur Asia. Sandiaga menjelaskan foto tersebut diambil pada sekitar 1990 di Boston, Amerika Serikat, saat kuliah di sana.

Keinginan Erick Thohir untuk berpelukan dengan Sandiaga Uno akhirnya terkabul dalam waktu kurang dari 24 jam setelah dirinya diumumkan sebagai ketua Tim Kampanye Nasional.

Keduanya bertemu dan berpelukan saat menghadiri akad nikah putra Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) di kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu (8/9/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper