Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILPRES 2019: DPD Demokrat Jatim Usung Jokowi? Hasil Pemilihan Jokowi vs Prabowo 152 - 56

Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur memilih Joko Widodo sebagai calon Presiden RI pada Pemilihan Presiden 2019 melalui pemungutan suara di sela Rakorda di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).
Soekarwo/JIBI
Soekarwo/JIBI

Bisnis.com, SURABAYA -  Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur memilih Joko Widodo sebagai calon Presiden RI pada Pemilihan Presiden 2019 melalui pemungutan suara di sela Rakorda di Surabaya, Sabtu (21/7/2018).

"Ini bagian dari proses internal menghadapi Pemilihan Presiden tahun depan," ujar Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Renville Antonio di sela Rakorda.

Proses pemungutan suara terbuka diikuti seluruh anggota Fraksi Demokrat di DPRD, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun Provinsi, 38 Ketua DPC, dan 5 perwakilan DPD.

Dari dua pilihan calon, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, hasilnya diketahui 152 suara untuk Jokowi, kemudian 56 suara untuk Prabowo dan enam suara dinyatakan tidak sah.  

Partai Demokrat Mengaku Senang TGB Dukung Jokowi

Rapimnas Demokrat: Kader Partai Demokrat Sambut Meriah Presiden Jokowi

Pilpres 2019: Sinyal Kuat untuk Jokowi. Muslimat NU Siap Dukung Capres Pilihan Khofifah

Menurut dia, proses yang dilakukan partainya merupakan arah dukungan yang tidak ditentukan secara aklamasi dan hasilnya juga tidak mutlak condong ke satu calon secara khusus.  

"Hasilnya akan segera dilaporkan ke DPP oleh Ketua DPD Demokrat Soekarwo. Dalam waktu dekat ini beliau akan ke Jakarta," ucap anggota DPRD Jatim tersebut.

Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Soekarwo mendorong majelis tinggi partai mempertimbangkan dukungan untuk Jokowi di Pilpres 2019. Pasalnya, Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa sudah mendukung Jokowi.

"Saya mengusulkan ke pusat. Satu Gubernurnya yang diusung oleh Partai Demokrat sudah mengumumkan mendukung Pak Jokowi. Jadi itu harus jadi pertimbangan DPP (Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrat," kata Pakde Karwo saat Rakorda PD di Hotel Bumi, Sabtu (21/7/2018).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper