Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ECB: Sejumlah Bank Mulai Langkah Awal Pemindahan Operasional ke Zona Euro

Sejumlah bank telah mulai melakukan langkah kongkret untuk mengembangkan operasional mereka ke wilayah Euro setelah Brexit.
Brexit./Bloomberg
Brexit./Bloomberg

Kabar24.com, JAKARTA—Sejumlah bank telah mulai melakukan langkah kongkret untuk mengembangkan operasional mereka ke wilayah Euro setelah Brexit.

Wakil Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Sabine Lautenschlaeger menyampaikan dalam press conference di Frankurt, Jerman, Rabu (7/2) bahwa sejauh ini terdapat 8 bank yang sudah mengambil langkah formal untuk mendapatkan lisensi baru.

“Empat bank lainnya berencana untuk mengembangkan aktivitas mereka secara meluas di area Euro,” katanya seperti dikutip Bloomberg, Rabu (7/2/2018).

Ia menambahkan,lebih dari 50 bank telah bertemu dengan pengawas Eropa dan sudah berada di tahap awal dalam pengajuan aplikasi. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Kepala Dewan Pengawas ECB Daniele Nouy pada November 2018.

Lautenschlaeger yang juga merupakan Anggota Eksekutif Pembuat Kebijakan Moneter ECB menekankan bahwa saat ini merupakan waktu untuk bank memutuskan apakah mereka ingin tetap beroperasi di zona euro setelah Inggris resmi keluar dari Uni Eropa. Bank-bank di Inggris seharusnya tidak perlu menunggu hingga akhir masa transisi untuk memutuskan lokasi operasional mereka.

“Perluasan operasional akan dipertimbangkan dengan perencanaan yang kredibel dan berkualias baik untuk kepastian situasi mereka,” tambahnya.

Ia menambahkan, semua bank yang ingin pindah ari Inggris ke zona euro harus segera mengurus berkas-berkas untuk mendapatkan lisensi paling lambat hingga akhir kuartal II/2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Nicken Tari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper