Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Apindo Bali Optimistis terhadap Perekomian 2018

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bali optimistis dengan kondisi perekomian Pulau Dewata pada 2018 lantaran pariwisata yang sudah mulai normal.
Denpasar Festival 2017/Wirat Eka
Denpasar Festival 2017/Wirat Eka

Kabar24.com, DENPASAR -- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bali optimistis dengan kondisi perekomian Pulau Dewata pada 2018 lantaran pariwisata yang sudah mulai normal.

Ketua Apindo Bali Nengah Nurlaba memastikan pariwisata Bali saat ini sudah berangsur pulih. Kunjungan wisata menurutnya juga sudah mengalami peningkatan. Hal ini diakuinya berbeda dengan kondisi pada triwulan keempat 2017 saat ada aktivitas Gunung Agung.

Data BPS, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada November 2017 mengalami penurunan 12,64% menjadi 361.006 kunjungan dibanding bulan sama tahun sebelumnya.

Namun, secara kumulatif, pada periode Januari-November 2017 wisman yang datang ke Bali tercatat mencapai 5,4 juta orang. Jumlah ini lebih tinggi 19,9% dibanding periode sama tahun sebelumnya yang mencapai 4,5 juta wisman.

"Saya lihat sejak Januari awal pariwisata kita sudah mulai pulih," katanya kepada Bisnis, Selasa (23/1/2018).

Kata dia, optimisme pengusaha ini juga terlihat dari penerapan upah minimum 2018 yang sudah mulai dilaksanakan. Menurutnya, semua perusahaan di Bali sudah menerapkan upah mininum untuk menggaji pegawai.

"Masing-masing kabupaten sudah memanggil dan mengumpulkan pengusaha, dan dari kami masing-masing pengusaha juga sudah mulai menerapkan," sebutnya.

Menurutnya, suasana Pilkada di beberapa daerah di Bali juga tidak berpengaruh buruk pada kondisi perekonomian lantaran hingga saat ini masih berlangsung kondusif.

"Memang sekarang tahun politik 2018 tapi kalau kita melihat utamanya di Bali masih kondusif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper