Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saudi Aramco Cari Pinjaman Miliaran Dolar

Saudi Aramco tengah mencari pinjaman senilai miliaran dolar AS di tengah rencana go public tahun ini.
Saudi Aramco/Reuters
Saudi Aramco/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Saudi Aramco tengah mencari pinjaman senilai miliaran dolar AS di tengah rencana go public tahun ini.

Seperti dilansir dari Reuters, Kamis (11/1/2018), Citigroup, Standard Chartered, dan Sumitomo Mitsui Banking Corporation menjadi tiga bank yang membantu perusahaan minyak Arab Saudi itu mencari pinjaman murah. Dua sumber Reuters dari lembaga kredit ekspor menyatakan dana yang dapat diperoleh setidaknya mencapai US$5 miliar-US$6 miliar.

Pencarian dana dilakukan Aramco untuk memperbaiki neraca keuangan perusahaan sebelum Initial Public Offering (IPO) dilaksanakan. Bunga yang akan dibayarkan sangat rendah, kemungkinan kurang dari 1% per tahun, tapi bisa saja lebih besar dari itu.

Jika pencarian dana dilakukan setelah IPO, maka Aramco harus membayar lebih besar lagi. Mandat bank-bank tersebut berakhir tahun ini.

Citi disebut membantu Aramco mencari dana yang penyalurannya didukung oleh lembaga kredit ekspor di Inggris dan AS, sedangkan Standard Chartered membantu pembiayaan yang disalurkan lembaga pembiayaan ekspor di Eropa. Adapun Sumitomo Mitsui membantu transaksi yang disalurkan oleh lembaga kredit ekspor dari Asia.

Citi dan Standard Chartered menolak berkomentar, sedangkan Aramco dan Sumitomo Mitsui belum memberikan pernyataan.

Sebelumnya, Aramco sudah memperoleh pembiayaan sebesar US$2 miliar yang disalurkan oleh UK Export Finance (UKEF). Sekarang, perusahaan itu diklaim tengah mencari pendanaan serupa dari lembaga pembiayaan ekspor di Korea Selatan, Jepang, dan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper