Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NEW YORK DIBOM: Pelaku Imigran Asal Bangladesh, Teroris Rindu Serang New York City

Seorang pelaku bunuh diri meledakkan sebuah bom pipa yang diikat ke tubuhnya di jantung koridor kereta bawah tanah Manhattan yang paling sibuk pada Senin (11/12/2017), mengirim ribuan penumpang yang ketakutan melarikan diri dari lorong-lorong yang tersedak asap, dan membawa jantung Midtown terhenti saat ratusan polisi berkumpul di Times Square dan jalan-jalan sekitarnya.
Petugas Polisi Negara Bagian New York berjaga di dekat Terminal Bus Otoritas Pelabuhan setelah ada  ledakan di New York/Reuters
Petugas Polisi Negara Bagian New York berjaga di dekat Terminal Bus Otoritas Pelabuhan setelah ada ledakan di New York/Reuters

Bisnis.com, NEW YORK - Seorang pelaku bunuh diri meledakkan sebuah bom pipa yang diikat ke tubuhnya di jantung koridor kereta bawah tanah Manhattan yang paling sibuk pada Senin (11/12/2017), mengirim ribuan penumpang, yang ketakutan melarikan diri dari lorong-lorong, yang tersedak asap, dan membuat jantung Midtown terhenti saat ratusan polisi berkumpul di Times Square dan jalan-jalan sekitarnya.

Tapi senjata darurat tersebut gagal meledak sepenuhnya, dan penyerang itu sendiri adalah satu-satunya yang terluka parah dalam ledakan tersebut, yang terjadi sebelum pukul 07:20 pagi.

Pejabat penegakan hukum mengatakan penyerang tersebut, yang diidentifikasi oleh polisi sebagai Akayed Ullah, 27, memilih lokasi tersebut karena poster bertemakan Natal, sebuah motif yang mengingatkan kembali penyerangan di Eropa, dan dia mengatakan kepada penyidik bahwa dia telah merancanag (set off) pembomannya sebagai pembalasan atas serangan udara terhadap target ISIS di Suriah dan tempat lain.

Ini adalah serangan ketiga di New York City sejak September 2016, dan yang kedua dalam dua bulan, datang hanya beberapa minggu setelah delapan orang tewas dalam serangan truk di sepanjang jalur sepeda Sungai Hudson. Seperti dua sebelumnya, serangan pada Senin itu tampaknya dilakukan oleh "satu-satunya serigala" teroris yang sudah disebut.

Ledakan pada Senin pagi bergema melalui terowongan kereta bawah tanah di Times Square dan mengisi bagian Terminal Bus Otoritas Pelabuhan dengan asap saat penumpang melarikan diri. Meski asap masih memenuhi ruangan, Pak Ullah ditundukkan oleh petugas kepolisian Port Authority.

Dia  merancanag (set off) pembomannya sebagai pembalasan atas serangan udara terhadap target ISIS di Suriah dan tempat lain.

Setelah dia ditundukkan, Pak Ullah dibawa ke Pusat Rumah Sakit Bellevue. "Dia berada dalam kondisi serius dengan luka bakar di tangan dan perutnya," ujar Daniel A. Nigro, komisaris dari New York Fire Department. "Tiga orang lainnya luka ringan," katanya.

Handout photo of Akayed Ullah, a Bangladeshi man who attempted to detonate a homemade bomb strapped to his body at a New York commuter hub during morning rush hour

Akayed Ullah/Reuters

Seorang imigran asal Bangladesh, Pak Ullah datang untuk tinggal di Brooklyn melalui program visa yang tersedia untuk orang-orang yang memiliki saudara yang warga negara Amerika Serikat.

Pada Senin siang, dalam sambutannya yang pertama atas serangan tersebut, Presiden Trump menyerang sistem imigrasi yang memungkinkan anggota keluarga besar, dan bukan hanya pasangan atau anak kecil, untuk menerima kartu hijau.

"Kerusakan yang mengerikan, sistem yang cacat ini menimpa keamanan dan ekonomi Amerika sejak lama menjadi jelas," kata Mr. Trump dalam sebuah pernyataan.

"Saya bertekad memperbaiki sistem imigrasi untuk menempatkan negara dan masyarakat kita lebih dulu."

A crowd of New York City subway commuters gather at 34th St - Herald Square station after an explosion near the Port Authority Bus Terminal in New York

Situasi di stasiun bawah tanah New York usai bom/Reuters

Serangan itu terjadi di sebuah jalan pejalan kaki yang panjang yang menghubungkan jalur kereta bawah tanah Eighth Avenue, Seventh Avenue dan Broadway.

Di antara para komuter yang bepergian di bawah Times Square ada seorang pria dengan kaus berkerudung. Lalu terdengar ledakan yang memekakkan telinga - dari dia - dan kemudian asap mengepul.

Police gather outside a house in the Brooklyn borough, while they investigate an earlier incident of the reported explosion at the New York Port Authority Bus Terminal in Manhattan, in New York City

Polisi berkumpul di luar sebuah rumah di wilayah Brooklyn, yang diduga rumah  Akayed Ullah/Reuters

Semua orang berlari

"Ullah memasang bom pipa itu pada dirinya sendiri dengan ikat yang mengkombinasikan  Velcro dan zip," kata James P. O'Neill, komisaris dari Departemen Kepolisian New York. Bentuk kasar itu terdiri dari pipa panjang diisi dengan match heads, ujung penghentinya. Lampu pohon Natal yang rusak adalah detonator: Saat dinyalakan, filamen akan menyulut kepala korek api, perangkat itu bertenaga baterai sembilan volt.

Ledakan itu, yang ditangkap di video pengawas, bisa membakar dan memotong Ullah, tapi karena tidak meledakkan dengan benar, tidak menghasilkan pecahan peluru, yang sering menjadi elemen paling mematikan dari bom pipa.

"Saya pikir dia siap untuk mati, dan kami melihatnya menghubungkan kabel video," kata seorang petugas penegak hukum yang berbicara mengenai kondisi anonim karena penilaian atas tindakan tersangka itu masih awal.

Saat orang-orang menyusup melalui stasiun, Petugas Anthony Manfredini dari Kepolisian Port Authority bergegas ke asap, kata Robert Egbert, juru bicara polisi yang mewakili petugas Otoritas Pelabuhan. Seorang mantan Marinir, Manfredini, 28, menemukan tersangka di lapangan dengan "kabel dari jaket ke celananya," kata Egbert.

Tiga petugas Otoritas Pelabuhan lainnya mengikuti: Jack Collins, Sean Gallagher dan Drew Preston. Mereka tiba tepat saat Pak Ullah ingin "meraih ponsel," yang menurut petugas yang merespons bisa digunakan untuk memicu perangkat lain, kata Egbert. Mereka pun bergelut dalam upaya merebut itu [ponsel] darinya.

Foto Ullah yang diambil seorang pekerja di New York yang dimuat New York Times

"Perwira-perwira ini mengalami situasi buta, padahal menyadari bahaya yang akan terjadi begitu mereka menghadapi tersangka," kata Egbert.

Polisi merilis foto Pak Ullah yang tampaknya  telah dibawa ke dalam jalan kereta bawah tanah setelah ledakan tersebut. Di dalamnya, dia dalam posisi melengkung seperti janin; perutnya yang terpapar menghitam.

Walikota Bill de Blasio mendapatkan dirinya menerima serangan teroris untuk kedua kalinya dalam dua bulan setelah menenangkan walikota, dalam kasus ini, pada sistem yang menggerakkan jutaan orang di kota setiap hari.

"Hidup kita berputar mengelilingi kereta bawah tanah," katanya pada sebuah konferensi pers di Eighth Avenue beberapa jam setelah kejadian tersebut. "Pilihan New York selalu karena suatu alasan, karena kita adalah suar bagi dunia. Dan kami benar-benar menunjukkan masyarakat banyak agama dan banyak latar belakang dapat bekerja. "

"Para teroris ingin melemahkannya," tambah walikota. "Mereka rindu menyerang New York City."

Penyidik, yang dipimpin Joint Terrorism Task Force, yakin Pak Ullah bertindak sendiri, tapi mereka baru saja mulai meninjau materi dari pencarian dan petunjuk lainnya.

Christina Bethea sedang berada di jalan bawah tanah, menuju ke tempat kerjaannya sebagai satpam, saat ledakan itu hampir menghantamnya, mengirimkan kabut asap ke koridor yang dipenuhi penumpang.

Dia tidak melihat dari mana asalnya, katanya. "Begitu kita mendengar 'booming' kita mulai berlari," katanya. Satu jam setelah serangan itu, dia berdiri di luar terminal bus, memanggil ibu dan ayahnya di North Carolina untuk memberi tahu mereka bahwa dia OK. "Saya merasa baik," kata Ibu Bethea. "Saya hidup!"

Sepanjang pagi, para pelancong yang terhalang tumpah ke jalan-jalan Times Square, menarik koper dalam keheningan yang membingungkan. Mereka berkumpul di barisan polisi yang membentang di seluruh jalan raya yang paling ramai dan kosong pada puncak musim liburan, dan memfilmkan lampu merah yang penuh dari sejumlah kendaraan darurat.

Pada hari Senin pagi, polisi mencari sebuah gedung apartemen bertingkat enam tempat Mr. Ullah tinggal bersama orang tuanya di Ocean Parkway, serta dua tempat tinggal lainnya. Sekitar pukul 11 pagi, seorang perwira membawa seorang wanita dengan jas gelap dari rumah Ocean Parkway, jilbab abu-abu menutupi rambutnya, ke dalam mobil patroli, dan melesat pergi. Kawasan ini merupakan rumah bagi beberapa ribu penduduk kelahiran Bangladesh, dan ini merupakan jantung komunitas Brooklyn mereka, dengan toko-toko dan masjid-masjid yang dibangun di sepanjang Church Avenue.

Ullah adalah warga tetap Amerika Serikat, menurut Tyler Q. Houlton, juru bicara Departemen Keamanan Dalam Negeri, setelah tiba pada 2011.

Metode penyerangan - meledakan diri, atau setidaknya penyerangan- mengenalkan sesuatu ke elemen baru  sejarah kota yang panjang sebagai target, tempat yang tidak tahu bagaimana menghindari penyerang yang memakai bom yang merupakan ciri khas terorisme di negara tersebut, tempat seperti Israel dan Nigeria.

"Sejak serangan di World Trade Center pada 2001, ada sekitar 26 plot teroris terhadap kota yang oleh para pejabat telah diidentifikasi sebagai digagalkan "melalui intelijen, investigasi dan larangan," ujar John J. Miller, komisaris intelijen dan kontraterorisme Departemen Kepolisian , dalam sebuah konferensi pers pada hari Senin.

Pada 2009, aparat penegak hukum mencegah sel orang-orang yang memiliki ikatan dengan Al Qaeda melakukan rencana untuk mengebom kereta bawah tanah. Setahun kemudian, pada Mei 2010, Faisal Shahzad, seorang imigran Pakistan, mencoba meledakkan sebuah truk dengan bahan peledak di Times Square - tetapi perangkatnya tidak menyala.

Pada September 2016, sebuah bahan peledak buatan sendiri yang dibuat dari kompor bertekanan dengan pecahan peluru ditinggalkan di 27th Street di Chelsea, meledak tetapi tidak membunuh siapa pun.

Sebelum hari Senin, serangan terakhir terjadi pada Halloween, ketika seorang pria didorong oleh propaganda negara Islam (ISIS) mengemudikan sebuah truk sewaan menyusuri jalan sepeda di West Side Manhattan, menewaskan delapan orang dan melukai 12 lainnya. Pria tersebut, Sayfullo Saipov, ditangkap dan didakwa oleh jaksa federal; dia mengaku tidak bersalah.

Meskipun tidak ada pengumuman resmi, pejabat penegak hukum federal dan lokal mengindikasikan bahwa Tuan Ullah akan diadili di pengadilan federal di Manhattan oleh kantor pengacara Amerika Serikat untuk Distrik Selatan New York, Joon H. Kim.

Namun, menjelang Senin sore, kota itu sudah sibuk dan melupakan. Di 42nd Street, wisatawan berjalan tanpa terganggu, atau bergegas ke depot bus yang dibuka kembali untuk menemukan angkutan mereka.

Beberapa jam sebelumnya, John Frank berdiri di jalan itu tak jauh dari pintu keluar Port Authority saat dia merasakan getaran di trotoar. "Begitulah kuatnya," kata Mr. Frank, 54. Dia terguncang, dia melarikan diri sedikit jauh dari blok itu, dan berdiri selama beberapa menit, bersandar pada tong sampah untuk mendapat dukungan.

"Di New York City, kita rentan terhadap banyak hal," kata Mr. Frank. "Insiden ini sering terjadi."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters/nytimes.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper