Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Curhat Anak Ray Sahetapy yang Grogi Berat Saat Diajak Ngevlog Bareng Presiden Jokowi

Curhat Anak Ray Sahetapy yang Grogi Berat Saat Diajak Ngevlog Bareng Presiden Jokowi

Kabar24.com, JAKARTA - Beberapa hari lalu Presiden Joko Widodo mengunggah vlog berjudul "#JKWVLOG INSPIRASI DARI SURYA SAHETAPY".

Surya Sahetapy, anak ketiga dari pasangan Ray Sahetapy - Dewi Yull, adalah penyandang disabilitas tuli yang aktif memperjuangkan hak orang-orang tuli di Tanah Air.

Pria kelahiran 21 Desember 1993 itu mengungkapkan kisah di balik video berdurasi kurang dari dua menit --dibantu seorang juru bahasa isyarat-- yang membuatnya "sangat grogi".

"Kantor staf presiden sudah beberapa kali mengundang saya," ungkap Surya ditemui usai diskusi Pemberdayaan Ekonomi untuk Penyandang Disabilitas di @america, Jakarta, Rabu (4/10) petang.

Undangan yang bertujuan memberi edukasi tentang disabilitas itu akhirnya terwujud berbarengan dengan acara "Ngopi Bersama Presiden". Surya awalnya tidak menyangka bakal berinteraksi dengan Jokowi, bahkan mengajari bahasa isyarat "Saya Cinta Kopi Indonesia".

"Sebenarnya saya hanya diundang untuk datang melihat kegiatan di sana, eh tapi ternyata ada seorang staf presiden yang minta saya untuk mengajarkan presiden bahasa isyarat, juga mengambil video," tutur Surya lewat bahasa isyarat dengan raut wajah ekspresif.

"Saya grogi sekali, tidak ada persiapan, tapi alhamdulillah lancar," sambung dia.

Antusiasme Presiden Joko Widodo belajar bahasa isyarat jadi pertanda pintu menuju Indonesia ramah disabilitas sudah mulai terbuka. Surya menegaskan perjuangan mewujudkan Indonesia ramah disabilitas baru dimulai, tapi dia berharap semua itu cepat atau lambat akan terwujud.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 50 detik itu, Presiden Jokowi mengatakan "Kita ingin juga memberikan perhatian dari pemerintah agar kesempatan kerja, fasilitas-fasilitas umum ditingkatkan untuk kaum difabel."

Jokowi kemudian bertanya pada Surya, "dengar-dengar Surya mau jadi DJ ya? Gimana ceritanya?"

"Sebenarnya bukan mau jadi DJ, Pak. Saya cuma latihan saja. Saya kepingin ke depannya jadi staf presiden. Bantu presiden bisa membuat Indonesia ramah disabilitas," jawab Surya.

"Bisa, bisa, bisa, bisa," kata Presiden Jokowi.

Surya lalu mengajarkan Presiden Jokowi bahasa isyarat "Bapak Jokowi, dan beliau cinta Indonesia!"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper