Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bahan Mudah Didapat Pemicu Peredaran Senpi Rakitan

Maraknya tindak kekerasan atau pencurian yang disertai penggunaan senjata api, membuat peredaran senjata ini, khususnya yang berjenis rakitan menjadi perhatian pihak kepolisian.nn

Kabar24.com, JAKARTA - Maraknya tindak kekerasan atau pencurian yang disertai penggunaan senjata api, membuat peredaran senjata ini, khususnya yang berjenis rakitan menjadi perhatian pihak kepolisian.

Kapoda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan menyebutkan gampangnya pembuatan senjata rakitan menjadi salah satu hal yang mendorong terjadinya hal ini. Ditambah lagi dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

"Sebetulnya ini, senjata ini agak cukup mudah dibuat oleh pengrajin atau pembuat lah ya karena dengan bahan yang mudah didapat kemudian juga dia akan melakukan penyesuaian dengan senjata api sebenarnya," katanya, Selasa (11/7/2017).

Tak heran, dalam operasi Cipta Kondisi yang dilaksanakan menjelang dan pada saat Lebaran tahun ini, pihaknya berhasil menyita hampir 47 unit senjata rakitan. Oleh karena itu, ke depannya, pihaknya akan terus melakukan operasi serupa, guna menekan peredaran dan penggunaan senjata api okeh para pihak yang tak berwenang.

Dalam mengungkap peredaran senjata ilegal ini, pihaknya akan mengerahkan tim.penyidik dari Direktorat Reserse Kriminal Umum dan Direktorat Reserse Kriminal Khusus serta dibantu intelijen.

"Kita akan mengungkap secara melibatkan penyidik terkait antara Krimsus dengan Krimum dibantu intelijen untuk bisa mengungkap ini. Yang jelas ini menjadi perhatian kita berkaitan dengan kejahatan memakai senjata api khususnya rakitan karena kalau yang pabrikan agak jarang ya, kita lihat beberapa kali memang rakitan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper