Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendagri: Pemda Harus Fokus Jalankan Program Prioritas

Pemerintah daerah harus fokus melaksanakan program prioritas, agar anggaran daerah yang telah disusun dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat.
Tjahjo Kumolo/www.tjahjokumolo.com
Tjahjo Kumolo/www.tjahjokumolo.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah daerah harus fokus melaksanakan program prioritas, agar anggaran daerah yang telah disusun dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri, mengatakan kepala daerah tidak harus memaksakan untuk melaksanakan program di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD)-nya. Pembangunan di daerah dapat dilakukan secara bertahap, sesuai dengan kemampuan anggaran daerah.

“Pembangunan daerah harus lebih fokus kepada satu atau dua program secara bertahap setiap tahunnya, agar hasilnya kelihatan dan dirasakan langsung oleh masyarakat,” katanya di Jakarta, Kamis (12/5/2016).

Tjahjo menuturkan memaksakan untuk melaksanakan program di seluruh SKPD dikhawatirkan dapat mengganggu program prioritas yang telah dicanangkan. Apalagi saat ini pemerintah pusat sedang fokus membangun infrastruktur.

Menurutnya, Kementerian Dalam Negeri selalu mengingatkan daerah untuk melaksanakan program yang selaras dengan pemerintah pusat. Pihaknya pun selalu menegaskan pentingnya deregulasi untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

“Tugas penting pemerintah daerah berikutnya adalah meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang meliputi kemudahan perizinan investasi, dan melaksanakan program pendidikan, serta pembinaan dalam membangun SDM,” ujarnya.

Tjahjo juga menyebut pemerintah daerah harus mendukung tata kelola hubungan pusat-daerah yang efektif, efisien, taat hukum, serta mempercepat reformasi birokrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper