Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURVEI KESETARAAN GENDER: Wanita Karir Indonesia Saling Dukung

Studi baru terkait wanita eksekutif Asia Tenggara untuk kesetaraan gender yang didukung oleh HSBC menyimpulkan para wanita karir Indonesia merasakan tanggung jawab untuk membantu mengembangkan karir sesama perempuan.
Studi baru terkait wanita eksekutif Asia Tenggara untuk kesetaraan gender yang didukung oleh HSBC menyimpulkan para wanita karir Indonesia merasakan tanggung jawab untuk membantu mengembangkan karir sesama perempuan./Bisnis
Studi baru terkait wanita eksekutif Asia Tenggara untuk kesetaraan gender yang didukung oleh HSBC menyimpulkan para wanita karir Indonesia merasakan tanggung jawab untuk membantu mengembangkan karir sesama perempuan./Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA — Studi baru terkait wanita eksekutif Asia Tenggara untuk kesetaraan gender yang didukung oleh HSBC menyimpulkan para wanita karir Indonesia merasakan tanggung jawab untuk membantu mengembangkan karir sesama perempuan.

Bahkan, para wanita karir Indonesia melihat hal tersebut sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi bias dalam bisnis.

Persepsi kesetaraan gender dalam perusahaan di Asia Tenggara dilakukan oleh The Economist Intelligence Unit untuk HSBC dan terhadap 300 eksekutif wanita dari Singapura, Indonesia, dan Malaysia.

Survei ini mengukur persepsi responden tentang keragaman gender di lingkungan kerja di tingkat senior maupun menengah dari manajemen perusahaan.

Survei tersebut menunjukkan, para eksekutif wanita Indonesia memberikan penekanan khusus pada dukungan satu sama lain untuk menumbuhkan jaringan dan karir mereka guna mencapai tujuan profesional mereka, dibandingkan dengan rekan-rekan mereka di Malaysia dan Singapura.

Sekitar 74% dari perempuan Indonesia yang disurvei percaya bahwa membantu wanita lain mengembangkan karir adalah tanggung jawab mereka.

Perempuan Indonesia juga percaya bahwa mereka berada di posisi tepat untuk membantu para eksekutif wanita senantiasa meningkatkan karirnya di perusahaan.

Lebih luas lagi, sekitar 78% dari responden Indonesia percaya membantu semua rekan mengembangkan karir mereka adalah tugas mereka.

“Ini adalah penelitian penting yang menggambarkan kemajuan perempuan Indonesia untuk memperkuat peran mereka di masyarakat dan mengurangi kesenjangan gender,” kata Sumit Dutta, Country Manager & Chief Executive HSBC Indonesia, melalui keterangan resmi yang dikutip Bisnis.com, Senin (28/3/2016).

Menurut survei, wanita eksekutif Indonesia paling mempercayai bahwa tiap perusahaan akan mampu menjaga keseimbangan gender yang adil atau mengurangi kesenjangan gender. 

Memberikan nasihat pada perempuan tentang kepemimpinan (83%) dan memberikan pelatihan bagi perempuan tentang kepemimpinan (85%) dikutip sebagai cara utama bagi perusahaan untuk menyeimbangkan keragaman gender. Peringkat ini jauh lebih tinggi daripada di Singapura (masing-masing 68% dan 64%) dan Malaysia (masing-masing 66% dan 64%).

Perempuan Indonesia mengatakan, yang paling membantu dalam mencapai tujuan profesional mereka adalah dengan memiliki lebih banyak wawasan strategis dan teknis tentang industri/bisnis terkait (24%) dan mendapatkan tanggung jawab lebih dalam tim mereka/ perusahaan (24%).

Di Singapura, responden menyatakan, mendapat penghargaan lebih untuk pekerjaan yang dilakukan (24%) dan bekerja di tempat yang tak mengenal bias gender (22%) adalah bantuan utama untuk mencapai tujuan karir.

Sementara itu, perempuan Malaysia sepakat bahwa bantuan utama untuk mencapai aspirasi karir mereka adalah dengan bekerja di tempat yang tak mengenal bias gender (23%) dan fleksibilitas dengan jadwal kerja (22%).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ihda Fadila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper