Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Adnan Buyung Nasution Gagal Ginjal, Alat Cuci Darah Nonsetop Dipasang

Putri Adnan Buyung Nasution, Pia Akbar Nasution, mengatakan tubuh ayahnya saat ini dipasang alat pencuci darah secara otomatis nonsetop.
Adnan Buyung Nasution/JIBI
Adnan Buyung Nasution/JIBI

Kabar24.com, JAKARTA-- Putri Adnan Buyung Nasution, Pia Akbar Nasution, mengatakan tubuh ayahnya saat ini dipasang alat pencuci darah secara otomatis nonsetop.

Alat ini berfungsi untuk mengontrol cairan yang masuk ke dalam tubuhnya. Alat tersebut juga berfungsi sebagai pencuci darah secara otomatis dalam tubuh Adnan.

"Seharusnya, kan tidak boleh banyak cairan yang masuk. Tapi, sekarang Bapak harus diinfus dan sebagainya," kata Pia, Selasa (22/9/2015).

"Sehingga dia harus dipasang alat pencuci darah 24 jam nonsetop."

Pia menceritakan kondisi kesehatan ayahnya sudah mulai menurun sejak Desember tahun lalu. Adnan menderita gagal ginjal lantaran sering mengonsumsi obat darah tinggi dan hemodialisis. Sejak itu pun Adnan harus melakukan cuci darah tiga kali dalam sepekan.

Saat ini, Adnan dirawat di ruang ruang Intensif Coronary Care Unit (ICCU) Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta Selatan. Pia menuturkan, kondisi ayahnya kian membaik. Fungsi jantung dan organ tubuh lainnya telah berfungsi secara normal.

"Detak jantungnya sudah normal, semua baik. Bapak juga tidak muntah-muntah lagi," ujarnya.

Selain itu, ventilator atau alat bantu bernafas Adnan telah dihentikan sejak kemarin sore. Namun, selang tersebut masih berada di dalam mulutnya.

"Ventilatornya hanya dihentikan saja. Nanti diuji coba selama 24 jam," tutur Pia.

Meski kian membaik, dokter belum memperbolehkannya pulang dari rumah sakit. Pia pun belum tahu berapa hari lagi yang dibutuhkan Adnan untuk perawatan di rumah sakit. Sejumlah menteri dan pejabat pun telah mengunjungi Adnan.

Para tokoh yang datang itu seperti Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Taufiequrrahman Ruki serta wakilnya Indriyanto Seno Adji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper