Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mantan Ketua MK Akil Mochtar: Bagi Saya Tidak Ada Gunanya Kemuliaan itu. Semua Hanya Kamuflase

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar mengeluarkan pernyataan keras terkait kemuliaan yang dianggapnya hanya kamuflase.
Akil Mochtar/JIBI
Akil Mochtar/JIBI

Kabar24.com, JAKARTA -- Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar mengeluarkan pernyataan keras terkait kemuliaan yang dianggapnya hanya kamuflase.

Hal itu disampaikan Akil Mochtar saat menyatakan keengganannya memberikan kesaksian dalam sidang pemeriksaan saksi Bupati Morotai, Rusli Sibua di pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (21/9/2015).

"Apapun yang terjadi pada saya, saya tak mau bersaksi," ujar Akil Mochtar.

"Bersaksi kan mulia," kata Ketua Majelis Hakim Supriyono.

"Yang Mulia bagi saya tidak ada gunanya kemuliaan itu. Karena semua itu hanya kamuflase. Terserah apa yang mau terjadi pada saya. Silakan saja dibaca BAP saya itu," jawab Akil.

Akil menolak memberikan keterangan sebagai saksi karena merasa rekeningnya dan rekening istri serta anaknya yang tidak ada kaitannya dengan perkara tersebut belum juga dibuka pemblokirannya.

Rusli Sibua sebagai Bupati Pulau Morotai didakwa menyuap mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar sebesar Rp 2,989 miliar.

Sejumlah uang diberikan kepada Akil untuk mempengaruhi putusan perkara permohonan keberatan atas hasil Pilkada di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Rusli disangkakan Pasal 6 ayat 1 huruf a Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper