Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PECANDU NARKOBA DIBUI: Glenn Fredly Tak Setuju

Penyanyi Glenn Fredly berkomentar soal rencana Komisaris Jenderal Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menghapus rehabilitasi pecandu narkoba.
Glenn Fredly/Antara
Glenn Fredly/Antara

Kabar24.com, JAKARTA-- Penyanyi Glenn Fredly berkomentar soal rencana Komisaris Jenderal Budi Waseso, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menghapus rehabilitasi pecandu narkoba.

"Menurut saya, kalau hal ini benar-benar terjadi akan sangat disayangkan," kata pemilik nama lengkap Glenn Fredly Deviano Latuihamallo ini di kawasan Gunawarman, Rabu (9/9/2015).

Penyanyi kelahiran Ambon Maluku 30 September 1975 ini mengatakan rehabilitasi merupakan cara yang efektif untuk menyembuhkan pecandu dari ketergantungan zat adiktif. 

"Banyak dari teman-teman saya yang pernah kena narkoba, sampai saat ini memang lebih efektif di rehabilitasi daripada dibui sebagai pesakitan," tutur Glenn.

Menurut dia, seharusnya para pecandu tidak dihukum.

 "Pengedarnya yang mestinya mendapatkan atensi atau porsi lebih," ujarnya.

Adapun Budi Waseso berencana merevisi Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan menghilangkan pasal rehabilitasi bagi pengguna narkotik. Rehabilitasi termaktub dalam Pasal 54 UU Narkotika.

Dalam pasal itu disebutkan pecandu narkotik dan korban penyalahgunaannya wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial.

Waseso khawatir bandar atau pengedar akan memanfaatkan celah ini dalam mengelabui petugas dengan mengaku sebagai pengguna.

 "Jangan sampai UU tersebut menjadi tempat berlindung pengedar dan bandar narkotik, seolah-olah mereka menjadi korban narkotik," kata pria yang akrab disapa Buwas itu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper