Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memprihatinkan, 1.918 Bayi di NTT Dilanda Gizi Buruk

Sebanyak 21.134 bayi di bawah lima tahun (balita) dari total bayi 426.140 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami kurang gizi dalam periode Januari-Mei 2015.
Peta wilayah NTT/JIBI/yus
Peta wilayah NTT/JIBI/yus

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 21.134 bayi di bawah lima tahun (balita) dari total bayi 426.140 di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur mengalami kurang gizi dalam periode Januari-Mei 2015.

"Dari total 21.134 bayi kurang gizi itu, sebanyak 1.918 bayi diantaranya menderita gizi buruk," kata Kadis Kesehatan NTT, dr Stefanus Bria Seran.

Dia menjelaskan balita yang mengalami kekurangan gizi tersebut menyebar di Kabupaten Sikka sebanyak 5.174 balita, Timor Tengah Utara 4.236 balita, Timor Tengah Selatan 2.285 balita, Manggarai Barat 1.242 balita dan Kabupaten Belu 1.039 balita.

"Kasus gizi buruk ini hampir menyebar merata di seluruh NTT, namun Kabupaten Sumba Tengah, Ngada, Nagekeo dan Kota Kupang mencatat angka di bawah 100 orang," katany.

Anggota DPRD NTT, Kasintus Proklamasi Ebu Tho menilai pemerintah daerah tidak serius menangani masalah gizi buruk sehingga jumlahnya terus membengkak dari tahun ke tahun.

"Sangat disayangkan kasus ini terus menggerogoti anak-anak balita di NTT sampai mengakibatkan belasan anak harus meninggal dunia," ujarnya.

"Saya rasa kurang logis jika kasus gizi buruk dan kurang gizi ini masih terus mendera balita-balita di NTT, karena pemerintah sudah mengalokasikan dana Rp2 miliar untuk menangani kasus gizi buruk tersebut," ujarnya.

Menurut dia, masih terus munculnya kasus gizi buruk ini mencerminkan bahwa Dinas Kesehatan NTT tidak serius dalam menangani kasus ini.

"Kami berharap jajaran Dinas Kesehatan NTT serius dalam menangani kasus gizi buruk ini, karena anggarannya sudah tersedia".

Dia menambahkan ketika masih kerja sama dengan GTZ Jerman dan AusAid Australia, banyak anak NTT yang terbantu dari masalah kekurangan gizi, namun dalam lima tahun terakhir kondisinya malah kembali memburuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Yusran Yunus
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper