Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Unik! Warga Makassar Akan Ambil Sumpah Pejabat SKPD

Warga Kota Makassar dijadwalkan akan mengambil sumpah seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilingkup Pemkot Makassar, pada Jumat (13/2/2015) nanti.
 Pelabuhan Rakyat Paotere/Bisnis
Pelabuhan Rakyat Paotere/Bisnis

Kabar24.com, MAKASSAR - Jumat pekan ini Makassar akan menjadi kota yang melaksanakan upacara sumpah jabatan secara unik.

Warga Kota Makassar dijadwalkan akan mengambil sumpah seluruh pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Makassar, pada Jumat (13/2/2015) nanti.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan (Danny) Pomanto mengatakan, dia ingin masyarakat sendiri yang menjadi saksi atas sumpah masing-masing kepala SKPD.

"Hal itu dimaksudkan agar prosesi sumpah nantinya bisa lebih sakral dan untuk lebih mendekatkan pejabat pada masyarakat," jelas Danny, Selasa (10/2/2015).

Sementara itu, Koordinator Acara Pelantikan Wahyudi Muhsin mengungkapkan saat tiba di Pelabuhan Rakyat Paotere yang akan menjadi lokasi acara pelantikan nanti, para pejabat SKPD, camat dan Komisi Pengendali Percepatan Program Strategis (KP3S) akan disambut dengan "Angngaru" dari delapan orang warga sebagai sumpah setia.

"Di tempat pelantikan nanti juga tidak disediakan tempat duduk dan tenda untuk bernaung. Setiap pejabat yang akan diambil sumpahnya, masing-masing akan didampingi satu orang warga yang akan meletakkan Al Quran di atas kepala sang pejabat," kata Wahyudi.

Dia menambahkan bahwa para pejabat SKPD tersebut akan dilantik dengan berlatar belakang perahu Phinisi sebagai simbol kota Makassar. Sebagai garis pembatas lokasi pelantikan, Pemkot Makassar akan menurunkan sebanyak 40 mobil kompektor sampah, Tangkasaki.

Usai pelantikan lanjutnya, seluruh pejabat yang telah dilantik akan langsung mempraktikkan LISA (Lihat Sampah Ambil) dan membuang sampah di mobil Tangkasaki yang disiapkan.

"Pelantikan semacam ini merupakan yang pertama di Indonesia dan akan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI)," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Wiwiek Dwi Endah
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper