Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INFO CUACA JAWA TENGAH: Hujan Lebat Berpotensi Terjadi Selama 3 Hari

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan wilayah utara Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat dalam tiga hari ke depan.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, SEMARANG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika memperkirakan wilayah utara Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat dalam tiga hari ke depan.

Dilansir dari laman resmi BMKG, potensi hujan lebat tersebut dipicu kovergensi memanjang dari Jawa bagian tengah hingga Sulawesi bagian selatan.

Konvergensi adalah gerakan angin dalam bentuk arus horizontal ke suatu daerah atau mengumpulnya massa udara di suatu daerah yang membantu untuk pembentukan awan tebal. Konvergensi juga dapat berarti penurunan kecepatan angin.

“Kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan-awan hujan,” tulis BMKG, Jumat (16/1/2015).

Sementara itu, prakiraan cuaca di wilayah Jawa Tengah pada hari ini, Jumat (16/1/2015), berpotensi hujan. Potensi hujan di 6 kota dan 29 kabupaten itu diperkirakan masih dengan intensitas sedang dan ringan.

Sekitar 25 wilayah kota dan kabupaten, antara lain Kota Semarang, Pekalongan, Salatiga, Kendal, Tegal, Solo, Wonosobo, Wonogiri, dan Magelang diprediksi akan mengalami hujan dengan intensitas sedang.

Sementara 10 kota dan kabupaten lainnya berpotensi mengalami hujan ringan, seperti di Cilacap Purwokerto, Purwodadi, Blora, Rembang, Batang, Pemalang, dan Brebes.

Suhu rata-rata diperkirakan berada di kisaran 22°-32° celcius dengan kelembaban 70%-97%.

Untuk prakiraan arah angin, seluruh wilayah Jateng diprediksi mengalami angin yang bertiup ke Barat Daya dengan kecepatan di kisaran 25km/jam-30km/jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper