Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Ujung Jabatan, Jokowi Minta Kementerian Aktif Rapat di IKN

Jokowi berharap supaya agenda-agenda rapat Kementerian mulai rutin dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Keterangan Pers Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, IKN, Senin. (29/07/2024) - BPMI Setpres/Muchlis Jr.
Keterangan Pers Plt. Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono, IKN, Senin. (29/07/2024) - BPMI Setpres/Muchlis Jr.

Bisnis.com, NUSANTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap supaya agenda-agenda seperti rapat kementerian mulai rutin dilakukan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa arahan tersebut disampaikan orang nomor satu di Indonesia itu usai membuka secara resmi Nusantara TNI Fun Run 2024 yang digelar di IKN, pada Minggu (6/10/2024).

“Mungkin rapat-rapat, kayak dulu pandemi kan ada kebijakan rapat di Bali, rapat di Jogja gitu kan, Rapat-rapat di Kemenko diminta di sini, seperti Kemendagri termasuk mengumpulkan semuanya. Jadi tetap di dorong untuk itu,” ujarnya kepada wartawan di kawasan IKN, Senin (7/10/2024).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu juga mengatakan bahwa Kepala Negara memerintahkan agar kegiatan melibatkan masyarakat di IKN kian masif dilakukan.

“Ini juga beliau menyarankan, akan di-maintain masuk event-event yang di, dengan perlibatan masyarakat. Jadi kayak nanti tanggal 16—17 sudah ada BUMT tadi, Borneo Ultra Mixed Real, yang juga melakukan hal yang sama ini,” tandas Basuki.

Sekadar informasi, Jokowi secara resmi Nusantara TNI Fun Run 2024 yang digelar di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), pada Minggu (6/10/2024) kemarin. 

Acara yang digelar PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) sebagai bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 TNI sekaligus untuk memperkenalkan IKN kepada masyarakat luas.

Kegiatan ini diikuti oleh ribuan peserta yang terdiri dari masyarakat Balikpapan, Samarinda, dan sekitar IKN, komunitas pelari, serta beberapa pejabat negara, direktur BUMN, hingga pemengaruh (influencer) lokal dan nasional. 

Dalam keterangannya usai acara, Presiden asal Surakarta itu menekankan pentingnya menciptakan keramaian dan ekosistem sosial di IKN. Presiden pun mengapresiasi acara tersebut dan beroperasinya beberapa kedai kopi yang menambah keramaian di IKN.

"Di Nusantara ini yang namanya keramaian, crowd itu harus diciptakan terus, harus diadakan terus sehingga sekali lagi ekosistem itu menjadi terbangun. Seperti ini sekarang beberapa minggu yang lalu belum ada cafe, sekarang sudah ada Excelso, nanti ada lagi rumah makan Sederhana semuanya nanti ada," ucap Presiden kepada awak media, Minggu (6/10/2024).

Acara Nusantara Fun Run 2024 ini merupakan bagian dari upaya untuk mendukung visi Indonesia 2045, yaitu menjadi Kota Dunia untuk Semua. Kolaborasi antara PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, TNI, dan IKN dalam kegiatan ini tidak hanya memberikan kesan positif kepada masyarakat, tetapi juga mengajak mereka untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengeksplorasi lebih jauh perkembangan pembangunan IKN yang kini sudah dapat dikunjungi dengan aman dan nyaman.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper