Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Masih Terjebak, 2 Astronot NASA Ikut Pemilihan Presiden dari Luar Angkasa

2 Astronot NASA yang terjebak di ISS tetap akan memberikan suaranya di Pilpres AS 2024.
Astronot/unsplash
Astronot/unsplash

Bisnis.com, JAKARTA - 2 astronot NASA yang saat ini masih terjebak di luar angkasa, akan tetap ikut pemilihan presiden (pilpres) AS 2024.

Barry "Butch" Wilmore dan Sunita "Suni" Williams telah berada di luar angkasa sejak 5 Juni, ketika mereka berangkat untuk perjalanan delapan hari ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

NASA pun mengumumkan bahwa kedua astronot tersebut bisa pulang ke bumi paling cepat pada Februari 2025.

Melansir dari People, kedua astronot tersebut pada 13 September mengatakan kepada wartawan melalui panggilan telepon bahwa meskipun mengalami kemunduran, mereka telah meminta surat suara untuk bisa ikut dalam pemilu.

“Saya sudah mengirimkan permintaan saya untuk melakukan pemungutan suara hari ini. Faktanya, mereka akan mengirimkannya kepada kami dalam beberapa minggu,” kata Wilmore, dikutip dari People, Selasa (24/9/2024).

Menurutnya, pemungutan suara merupakan peran yang sangat penting sebagai warga negara.

"NASA memberikan kemudahan bagi kami untuk melakukan hal tersebut. Jadi, kami sangat gembira dengan peluang tersebut,” lanjutnya

Sejalan dengan itu, Williams mengatakan bahwa memberikan suara dari luar angkasa adalah hal paling keren dalam hidupnya.

"Ini adalah tugas yang sangat penting yang kita miliki sebagai warga negara dan berharap dapat memberikan suara dari luar angkasa, dan itu sangat keren,”

Pejabat pemilu di Houston, Texas, tempat Johnson Space Center NASA bermarkas, mengatakan kepada NBC News bahwa mereka bekerja sama dengan NASA untuk mengirimkan surat suara PDF yang dilindungi kata sandi kepada para astronot.

“Sebelum mengirimkan surat suara kepada para astronot, surat suara tersebut ditransfer ke dokumen yang dapat diisi sehingga mereka dapat memilih, menyimpannya, dan mengirimkannya kembali,” kata Rosio Torres-Segura, juru bicara panitera daerah, mengatakan kepada outlet tersebut.

Adapun diketahui, sebagian besar astronot AS tinggal di Houston, di mana undang-undang Texas mengizinkan mereka memberikan suara dari luar angkasa menggunakan proses pemungutan suara elektronik yang aman.

Kontrol Misi kemudian meneruskan surat suara ke stasiun luar angkasa dan menyampaikan surat suara yang telah selesai kembali ke petugas daerah.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper