Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Mengguncang Tuban Hingga Surabaya Hari Ini (22/3), Gempa Susulan Kembali Terjadi

BMKG melaporkan dalam 35 menit setelah gempa utama, terjadi dua kali gempa susulan di Tuban, Jawa Timur.
Ilustrasi gempa/pixabay.com
Ilustrasi gempa/pixabay.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 terjadi siang ini, Jumat (22/3/2024) ukul 11:22:45 waktu Indonesia Barat (WIB), di wilayah Tuban, Jawa Timur, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi dua gempa susulan dalam 35 menit terakhir.

Setelah gempa utama, wilayah tersebut mengalami serangkaian gempa susulan. Pada pukul 11:35:13 WIB, gempa susulan dengan magnitudo 4.5 terjadi dengan episentrum di koordinat 5.64 lintang selatan dan 112.34 bujur timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa susulan tersebut terjadi sekitar 143 kilometer di sebelah timur laut Tuban, Jawa Timur.

Kemudian, pada pukul 11:56:24 WIB, gempa susulan kedua terjadi dengan kekuatan magnitudo 3.3. Episentrum gempa susulan ini berada pada koordinat 5.73 lintang selatan dan 112.38 bujur timur, dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi episentrum gempa susulan kedua ini berjarak sekitar 135 kilometer di sebelah timur laut Tuban, Jawa Timur.

Walaupun gempa-gempa susulan ini memiliki magnitudo yang lebih rendah, masyarakat di wilayah terdampak diimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan kerusakan tambahan atau guncangan lebih lanjut.

BMKG juga menegaskan bahwa informasi ini dikeluarkan dengan mengutamakan kecepatan, sehingga hasil pengolahan data masih belum stabil dan dapat berubah seiring dengan kelengkapan data yang diperoleh.

Masyarakat di daerah terdampak untuk informasi lebih lanjut tentang situasi gempa bumi dapat mengakses situs web resmi BMKG atau mengikuti akun media sosial mereka untuk pembaruan terbaru.

UPDATE GEMPA SUSULAN

Gempa susulan terus bertambah, bahkan skalanya melewati magnitudo 5. Gempa susulan ini terjadi pada pukul 12.31 WIB dengan skala magnitudo 5,4. 

 Gempa susulan lainnya terjadi pada pukul 12.37 dengan kekuatan relatif lebih lemah yakni magnitudo 3,9. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper